Bhabinkamtibmas Polres Mabar Polda NTT bantu warga binaannya panen padi

Bhabinkamtibmas Polres Mabar Polda NTT bantu warga binaannya panen padi

Tribratanewsntt.com – Polisi sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat nampaknya benar-benar diwujudan oleh para aparat Kepolisian di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Mereka berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya dalam pengamanan saja, namun juga pelayan dan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Apa yang dilakukan oleh anggota Bhyangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas ) Polres Manggarai Barat (Mabar), Brigadir I Gede Swantika di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Sabtu pagi (13/5/2017). Saat itu Ia tengah melakukan Patroli sambang di Desa binaanya, Brigadir I Gede Swantika melihat warganya sedang panen padi, Ia pun langsung turun ke lapangan, untuk membantu para petani yang sedang memanen hasil padi.

Sebagai anggota Polri yang memiliki jiwa sosial tinggi, sang Bhabinkamtibmas tidak canggung dan segan untuk ikut membantu warga binaanya memanen padi dengan mesin perontok.

Hal ini dilakukan Brigadir I Gede Swantika untuk menunjukkan kedekatan polisi dengan masyarakat dimanapun tempatnya dan kepada siapapun, terangnya.

“Tadi itu, saya tidak sengaja melihat warga binaan saya sedang panen, lalu saya langsung membantu mereka sekaligus mendengarkan keluh kesah warga binaan saya, hal ini akan terjalin hubungan yang baik antara petugas dengan masyarakat,” Ujar Brigadir I Gede Swantika

“Saya sebagai Babinkamtibmas harus selalu siap sedia membantu warga desa, apalagi dalam kegiatan panen seperti ini, dan saya menyadari bahwa tugas Polisi adalah memberi pelayanan kepada masyarakat, untuk itu kami sebagai petugas Bhabinkamtibmas yang masing-masing memiliki desa binaan wajib mengetahui perkembangan di desanya, sembari mendekatkan diri kepada warga desa agar terciptanya hubungan yang harmonis,” ucap Brigadir I Gede Swantika.

Sementara itu para petani mengaku sangat senang dengan adanya aparat Kepolisian yang terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.