Birobinkar SSDM Polri Gelar Asistensi Aplikasi SIPP, SIPK, SISDM, dan SEKTA Tahun 2023 di Polda NTT: Upaya Peningkatan Kualitas Data dan Keamanan

Birobinkar SSDM Polri Gelar Asistensi Aplikasi SIPP, SIPK, SISDM, dan SEKTA Tahun 2023 di Polda NTT: Upaya Peningkatan Kualitas Data dan Keamanan

Tribratanewsntt.com, Kupang - Birobinkar SSDM Polri gelar kegiatan Asistensi Aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penggajian Polri), SIPK (Sistem Informasi Penilaian Kinerja), SISDM (Sistem Informasi SDM), dan SEKTA (Sistem E-Karier dan Talent Acquisition) tahun 2023 di Polda NTT, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan yang dilakdanakan di Rupatama Mapolda NTT ini secara resmi dibuka oleh Kabag Binkar Biro SDM Polda NTT, AKBP Ahmad Muzain, S.I.K., didampingi oleh Ketua TIM Asistensi SDM Polri, AKBP Lilik Apryansa, serta diikuti oleh para Kasubbagrenmin lingkup satuan kerja Polda dan para Kabag SDM Polres, serta seluruh operator Polda dan Polres.

Dalam sambutannya, Kabag Binkar Biro SDM Polda NTT, AKBP Ahmad Muzain, menyampaikan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menjalankan aktivitas organisasi, terutama menghadapi tantangan dan perubahan yang sering dihadapi. Akselerasi dalam pekerjaan dan pembaruan sistem menjadi satu kesatuan data yang meningkatkan kinerja organisasi merupakan hal yang krusial untuk diupayakan.

Selain itu, dalam laporan capaian prosentase pengisian data SIPP, SIPK, SISDM, dan SEKTA, terlihat bahwa masih terdapat beberapa tantangan. Data SIPP baru terhimpun sebesar 59% dari target yang ditetapkan yaitu 90-95%. Sementara itu, SISDM seluruhnya telah terakses, namun SIEKTA masih mengalami kendala atau error, yang disebabkan oleh faktor geografis dan kesadaran anggota dalam mengisi data.

Dalam kesempatan tersebut, TIM Asistensi SSDM Polri, AKBP Lilik Apryansa, memberikan penjelasan tentang fungsi-fungsi aplikasi yang disiapkan oleh SSDM Mabes. Aplikasi ini, jika dioptimalkan dengan baik oleh anggota, dapat mengintegrasikan data dan meningkatkan sistem pembinaan karier yang berkualitas bagi anggota Polri. Namun, ada beberapa hambatan utama yang dihadapi, seperti serangan hacker pada aspek security. Oleh karena itu, pembaharuan aplikasi sangat penting guna mencegah potensi kejahatan siber.

Selain itu, ditemukan juga bahwa beberapa Polda membangun aplikasi mandiri dan inovasi pelayanan yang tidak memperhatikan keamanan datanya, mengakibatkan potensi kerentanan terhadap pelanggaran data. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembaharuan pada aplikasi-aplikasi tersebut untuk memastikan keamanan dan keberlangsungan sistem.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan anev (analisis evaluasi) untuk seluruh Polres dari Tim Asistensi. Selama pemaparan, dibahas berbagai langkah peningkatan kualitas data dan keamanan aplikasi agar sistem pelayanan Polri semakin efisien dan terpercaya.

Dengan semangat dan kesungguhan, Asistensi Aplikasi SIPP, SIPK, SISDM, dan SEKTA Tahun 2023 bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepolisian melalui penguasaan teknologi yang canggih dan meningkatkan integritas serta keamanan data. Semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat dan peningkatan kualitas layanan bagi Polri dalam melindungi dan melayani masyarakat dengan lebih baik.