Buka Kegiatan Rakernis Bidang SDM, Irwasda Polda NTT: Optimalkan pembinaan Karir dan Rekam Jejak Personel

Buka Kegiatan Rakernis Bidang SDM, Irwasda Polda NTT: Optimalkan pembinaan Karir dan Rekam Jejak Personel
Buka Kegiatan Rakernis Bidang SDM, Irwasda Polda NTT: Optimalkan pembinaan Karir dan Rekam Jejak Personel

Tribratanewsntt.com,- Biro SDM Polda NTT menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Hotel Neo Aston Eltari Kupang, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh para Kasubagrenmin dari Satker Polda NTT dan para Kabag SDM Polres jajaran yang dijadwalkan selama dua hari.

Mengangkat tema Transformasi menuju Polri yang Presisi di era Police 4.0 melalui sistem manajemen SDM Polri yang berkeunggulan TA.2021, kegiatan rakernis ini dibuka langsung oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M. yang didampingi Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto. Kegiatan pembukaan rakernis ini dihadiri juga para pejabat utama Polda NTT.

Adapun tujuan dari kegiatan Rakernis Bidang SDM Polda NTT kali ini adalah upaya meningkatkan fungsi dan peran SDM jajaran Polda NTT, mengingat SDM Polri merupakan asset terpenting bagi institusi Polri itu sendiri, baik dalam menjalankan reformasi maupun dalam mewujudkan tujuan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, sehingga diharapkan SDM Polri dapat memberikan konstribusi yang produktif bagi institusi dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sebagaimana kota bersama bahwa Biro SDM Polri bertugas membina dan melaksanakan fungsi manajemen bidang SDM yang meliputi penyediaan, penggunaan, perawatan pemisahan dan penyaluran personel assesment serta psikologi Kepolisian dan upaya peningkatan kesejahteraan personel di lingkungan Polda.

Dalam amanatnya Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M. mengatakan bahwa berkaitan dengan SDM unggul maka diterbitkan 13 komponen penilaian kinerja personel Polri yang dikelola oleh SDM Polri yang berbasis IT.

"Ke 13 aspek komponen tersebut antara lain penilaian kinerja anggota dan ASN Polri pada SMK, penelitian pencatatan anggota dan ASN Polri, Kesehatan, jasmani, rohani, psikologi, akademik, data pribadi, pendidikan, kecakapan bahasa, jenjang kepangkatan, jenjang jabatan, tanda jasa yang dimiliki. Diharapkan dengan adanya data 13 komponen tersebut dapat dipergunakan sebagai dasar penilaian terhadap personel baik dalam seleksi sekolah, pangkat dan jabatannya”jelas Irwasda Polda NTT membawakan sambutan Kapolda NTT.

Dikesempatan tersebut Irwasda Polda NTT meminta agar meningkatkan upaya penjaringan calon anggota Polri yang berkualitas dengan kampanye proaktif sampai kepelosok desa dan kerjasama sinergis dengan pihak sekolah untuk menjaring calon yang berkualitas denga keterlibatan fungsi terkait lainnya.

“Optimalkan system pembinaan karir berdasarkan hasil penilaian kinerja (meritokrasi) dan rekam jejak personel. Susun segera rencana kebutuhan SDM ideal dan minimal secara jangka panjang dan optimalkan pemenuhan SDM di satker dan satwil. Tingkatkan kesejahteraan personel Polri, dengan mengoptimalkan pelayanan pemberian hak-hak anggota. Terhadap personel yang sakit menahun agar dilakukan pemeriksaan dengan disertai tertib administrasi selanjutnya dilakukan evaluasi dan laporkan perkembangannya. Kepada seluruh satker dan satwil jajaran agar mendukung secara penuh kegiatan mapping psikologi untuk memastikan kondisi masing-masing personel”pungkasnya.