Lomba Fashion Show Polwan Fashion Week, Kapolda NTT : Polwan NTT Dukung dan Akomodir UMKM Masyarakat

Lomba Fashion Show Polwan Fashion Week, Kapolda NTT : Polwan NTT Dukung dan Akomodir UMKM Masyarakat

Tribratanewsntt.com,- Memperingati Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) RI yang ke 74 tanggal 1 September 2022, Polwan Polda NTT menggelar Lomba Fashion Show Polwan Fashion Week 2022, Rabu (7/9/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di aula rupatama Mapolda ini dihadiri Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto dan Ibu Asuh Polwan Polda NTT Ny. Henny Setyobudi. Hadir juga Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, SS, TmK, S.H., M.M. serta Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto,  S.I.K. dan pengurus Bhayangkari Daerah NTT.

Sebagai wujud apresiasi Polwan terhadap tenun NTT, Polwan Polda NTT memperagakan bermacam motif tenun dari 22 kabupaten se NTT dalam acara Fashion Week Polwan NTT.

Kurang lebih 44 orang personel Polwan jajaran Polda NTT yang memperagakan pakaian tenun daerah asli NTT yang sudah dimodifikasi.

Fashion Show diawali dengan peragaan seragam Dinas Polisi khusus Polwan mulai dari Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Upacara (PDU) dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). 

Selanjutnya Polwan jajaran Polda NTT memperagakan pakaian motif tenunan dari wilayah NTT yang telah dikreasikan oleh mereka. Dengan menampilkan keindahan dan kemewahan dalam bermacam motif yang berbeda antar suku maupun kabupatennya.

Adapun kriteria penilaian  terdiri dari keserasian busana dengan tema ( mulai dari sepatu-ujung rambut), keserasian make up dan busana, ekspresi /penjiwaan, catwalk /penguasaan panggung. Perta juga diwajibkan menggunakan busana yg dikenakan Original dan merupakan hasil kreatifitas (baru dirancang / bukan produk yg sudah dipasarkan ). Dan point yang tidak kalah pentibg dari penilaian adalah fashion merupakan Tenun asli/bukan hasil printing, 70  % Tenun NTT dan 30 ℅ modifikasi (total look). 

Disela-selah kegiatan, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. mengatakan bahwa acara Polwan Fashion Week ini untuk meningkatkan dan mengakomodir produk UMKM dari masyarakat.

"Karena konsepnya adalah bagaimana menunjukan bahwa tenun di wilayah NTT ini begitu bagus dan indah serta beragam yang ingin kami tonjolkan. Mudah-mudahan yang sekarang levelnya masih tingkat Polda NTT suatu saat nanti bisa lebih meningkat lagi mungkin ke tingkat Mabes. Ini menunjukan bahwa tenun NTT tidak kalah dan menurut saya justru the best in Indonesia"ungkap Kapolda NTT.

Jenderal bintang dua di Polda NTT ini juga mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Masyarakat bisa melihat begitu bagusnya tenun NTT dengan dipadupadankan segala macam konsep yang kasual, resmi dan sebagainya semuanya bisa masuk dan cocok. Saya juga berterima kasih khususnya kepada Pakor Polwan, senior Polwan dan seluruh Polwan yang sudah berpartisipasi melaksanakan kegiatan ini meluangkan waktunya dan menyiapkan segala konsep yang sudah didesain sedemikian rupa tentu dengan inovasi dan kreasi masing-masing sehingga kita bisa melihat keindahan tampilannya begitu eksotik dan bagus.Ini mencerminkan bahwa tenun NTT sungguh luar biasa"tandasnya.

Berdasarkan penilaian juri yang dilakukan dengan memegang prinsip jujur, adil dan tidak memihak maka telah ditentukan enam orang pemenang yakni Juara I dari PolwanPolres Sumba Timur, juara II Polwan Ditsamapta Polda NTT, juara III diraih Polwan Ditintelkam Polda NTT. Sementara ith harapan I oleh Polwan Ditreskrimsus Polda NTT, harapan II Polwan Polres TTS dan pada posisi harapan III Polwan Yanma Polda NTT