Bulan Juli 2023, Warga Fohomea Meraih Berkah dengan Bantuan Kapolres Belu

Bulan Juli 2023, Warga Fohomea Meraih Berkah dengan Bantuan Kapolres Belu

Tribratanewsntt.com, Atambua - Bulan Juli 2023 akan selalu diingat sebagai bulan bersejarah bagi warga Fohomea, RT.31, kelurahan Kota Atambua, kabupaten Belu. Melalui bantuan dan kepedulian dari Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, mimpi dan harapan warga selama 15 tahun untuk menikmati air bersih dan layanan listrik selama 24 jam akhirnya terwujud.

Pada tanggal 28 Juli 2023, warga Fohomea menerima kebahagiaan ganda. Pertama, mereka mendapatkan akses air bersih dan layanan listrik selama 24 jam yang telah dinantikan selama 15 tahun lamanya.

Selain itu, mreka juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan menanam secara hidroponik secara cuma-cuma.

Kegiatan pelatihan hidroponik ini dilaksanakan di pekarangan pangan lestari (P2L) Bhayangkari cabang Belu, yang berada di belakang rumah jabatan Kapolres Belu. Dalam pelatihan ini, warga diberikan metode dan pengenalan mengenai hidroponik, termasuk cara membuat instalasi sistem wick, semai, membuat larutan stock AB Mix, pindah tanam, dan standar operasional (SOP) berkebun hidroponik.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, menghadiri dan mendampingi langsung para warga dalam pelatihan tersebut. Beliau juga dibantu oleh Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny. Vonny Richo Simanjuntak, serta seksi kebudayaan urusan lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar beralih ke pertanian hidroponik yang lebih murah, cepat, dan ramah lingkungan. Kapolres berharap, dengan hadirnya listrik dan air bersih, warga akan semakin semangat dan mudah bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Sistem Hidroponik ini sangat banyak manfaatnya karena dia tidak membutuhkan lahan yang luas, bisa ditanam kapan saja, dan tanamannya bisa tumbuh cepat bila kita awasi dan kelola dengan tepat. Jadi nanti setelah dapat pelatihan ini, Saya mau bapak ibu bisa beralih ke sistem hidroponik ini untuk menanam sayur mayur, lombok, buah-buahan, dan lain-lain," ujar Kapolres Belu.

Setelah mengikuti pelatihan dengan penuh semangat, masyarakat Fohomea juga mendapatkan keuntungan lebih dengan membawa pulang sayur pakcoy hasil dari pekarangan pangan lestari (P2L) Bhayangkari cabang Belu. Hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme para warga dalam belajar dan mengembangkan kemampuan berkebun hidroponik.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Fohomea dan membantu mereka untuk meningkatkan taraf hidup serta menciptakan lingkungan yang lebih produktif dan berkelanjutan. Bulan Juli 2023 akan selalu menjadi kenangan indah bagi warga Fohomea, karena di bulan berkah ini, mimpi dan harapan mereka terwujud berkat kepedulian dan dukungan dari Kapolres Belu.