Cegah Wabah Corona dan DBD, Polres Belu Bersama Jajaran Lakukan Bersih-bersih Hingga Fogging di Rumah Warga

Cegah Wabah Corona dan DBD, Polres Belu Bersama Jajaran Lakukan Bersih-bersih Hingga Fogging di Rumah Warga

Tribratanewsntt.com - Munculnya wabah virus corona yang bersamaan dengan wabah demam berdarah yang terjadi di wilayah Indonesia menimbulkan kekhawatiran baru.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pihak berwenang dan petugas kesehatan dalam mendeteksi sekaligus mengambil langkah pencegahan agar kedua penyakit mematikan tersebut, tidak muncul atau meluas di tengah masyarakat.

Salah satu langkah preventif (pencegahan) yang dilakukan Kepolisian Resor Belu adalah dengan melaksanakan kerja bakti pada sabtu (14/03/2020),

Menggandeng anggota TNI, Subden 2 Pelopor Brimob Atambua, dan instansi terkait lainnya, anggota Polres Belu melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan sampah di kompleks pasar lama dan pasar baru Atambua, Kabupaten Belu.

Usai melaksanakan apel gabungan sekitar pukul 08.00 WITA, anggota Polres dan instansi terkait di pimpin Kapolres Belu, dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL Herman Bessie, langsung menuju lokasi dengan membawa peralatan berupa cangkul, sapu lidi, karung dan juga tong sampah.

Menggunakan alat yang sudah dikantongi, anggota Polres, Brimob, Subden Pom IX Udayana Belu, Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Puskesmas Kota Atambua serta masyarakat, membereskan sampah-sampah yang ditemui di pinggir jalan maupun selokan/got, di seputaran pasar lama dan pasar baru.

Selain membersihkan lingkungan, kerja bakti ini juga disertai dengan penyemprotan (fogging) dalam rangka pemberantasan nyamuk demam berdarah, yang dilakukan di kompleks RT.13, kelurahan Atambua, Kec.Kota Atambua.

Kepada awak media yang turun meliput, Wakapolres Belu mengatakan, aksi yang dilaksanakan secara serentak oleh pihaknya bersama tujuh Polsek jajaran, bertujuan mengajak masyarakat untuk hidup bersih agar terhindar dari segala macam penyakit.

“Saat ini Virus Corona apalagi DBD, sudah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB). Di Belu sendiri, virus corona belum ada yang terdeteksi sementara kasus DBD, ratusan warga sementara di rawat di rumah sakit dan tercatat 5 orang meninggal. Ini menjadi perhatian Kami dan Polsek jajaran, yang hari ini secara serentak melakukan sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat hidup bersih”kata Wakapolres Belu.

“Sehingga tadi selain bersih-bersih dan pengasapan (fogging), Kita juga mengimbau masyarakat agar hidup sehat dengan menciptakan lingkungan yang bersih. Kita juga jelaskan ke masyarakat bagaimana langkah-langkah mencegah virus corona dan demam berdarah”pungkas Wakapolres Belu.

Selain itu, menurutnya, ini (kegiatan) juga merupakan wujud sinergitas TNI-Polri dalam menumbuh kembangkan semangat persaudaraan, kebersamaan serta kekompakan dengan lapisan masyarakat.