Cek Pelaksanaan Ops Lilin 2021, Tim Wasops Itwasum Polri Kunjungi Polda NTT

Cek Pelaksanaan Ops Lilin 2021, Tim Wasops Itwasum Polri Kunjungi Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka Pengawasan Operasi (Wasops) Lilin 2021, Tim Itwasun Polri melakukan kunjungan ke Polda NTT, Selasa (28/12/2021).

Tiba di Polda NTT, Tim Itwasum Polri disambut oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si., diruang kerjanya. Adapun Tim Wasops Lilin - 2021 Itwasum Polri dipimpin oleh Auditor Kepolisian Utama Tingkat II Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. Ibnu Isticha bersama Auditor Itwil V Itwasum Polri Kombes Pol. Herry Purnomo selaku Sekretaris dan Irbidjemeops II Itwil V Itwasum Polri Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si., selaku anggota.

Selanjutnya, Brigjen Pol. Drs. Ibnu Isticha selaku Ka tim Wasops Lilin 2021 di Polda NTT didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T.M.K., S.H., M.M., membuka Kegiatan Wasops Lilin - 2021.

Kegiatan yang digelar ruang Vicon Lantai II Mapolda NTT ini dihadiri oleh Para pejabat utama Polda NTT, para perwira perwakilan satker Polda NTT dan Kapolres Jajaran bersama Operator Minops yang mengikuti kegiatan dari kesatuan masing-masing melalui sarana vicon.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Pol. Drs. Ibnu Isticha membaca amanat Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryono, M.Si., menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kapolda NTT beserta jajaran atas pencapaian vaksinasi dosis 1 sebesar 67,71% dan dosis 2 sebesar 35% namun demikian, kita tetap fokus untuk terus melaksanakan akselerasi vaksinasi agar tercapai target 70% (herd immunity) di tiap kabupaten/kota pada akhir tahun 2021 sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Perayaan natal dan tahun baru merupakan kalender kamtibmas yang harus diamankan oleh polri dibantu oleh stakeholders lainnya termasuk oleh masyarakat guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat nasrani yang melaksanakan ibadah maupun masyarakat yang melaksanakan perayaan malam pergantian tahun. Dalam dua tahun terakhir ini pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru berbeda dengan tahun sebelumnya dimana perayaannya dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam rangka mencegah penyebaran covid-19", ucap Brigjen Pol. Drs. Ibnu Isticha.

Dikatakannya, pada pengamanan perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022, polri menggelar operasi terpusat dengan sandi “Ops Lilin-2021” di seluruh wilayah Indonesia selama 10 hari yang mengedepankan kegiatan pencegahahn dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2022 guna mencegah penyebaran wabah covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tujuan pelaksanaan operasi kepolisian lilin-2021 yaitu untuk terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat serta situasi kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif sebelum, pada saat dan sesudah natal dan tahun baru serta terhindar dari wabah covid-19, terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcarlantas yang aman, lancar dan tertib baik sebelum, pada saat dan sesudah natal dan tahun baru dan tidak terjadi gelombang 3 penyebaran covid-19 sesudah natal dan tahun baru", katanya.

Pelaksanaan kegiatan pengawasan operasi kepolisian lilin-2021 berdasarkan surat perintah kapolri nomor:sprin/3074/xii/ops.1.1/2021 tanggal 16 desember 2021 yang dilaksanakan oleh tim wasops
terdiri dari 1 pati selaku katim dan 2 pamen selaku sekretaris dan anggota pada setiap polda mulai tanggal 28 s.d. 31 desember 2021 secara serentak di 10 polda jajaran yaitu Sumut, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTT, Sulut dan Sulteng.

Pada kegiatan pengawasan operasi lilin-2021 oleh Itwasum Polri, kepada satuan kewilayahan telah diberikan surat telegram pemberitahuan pelaksanaan giat wasops, yang memuat jadwal pelaksanaan dan personil yang terlibat serta kisi-kisi yang harus dijawab dan dilengkapi dengan dokumen pendukung. kegiatan wasops ini bertujuan untuk memberikan penjaminan kualitas (quality assurance) dan sebagai konsultan (consulting) dalam penyelesaian masalah sehingga diharapkan tujuan operasi dapat tercapai secara optimal objek wasops meliputi pengelolaan bidang operasional, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan anggaran keuangan. Adapun aspeknya meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian.

Diakhir sambutannya, Irwasum Polri menyampaikan 6 direktif untuk dipedomani bagi seluruh anggota yang melakukan operasi

Pertama, laksanakan kegiatan pengamanan natal dan tahun baru secara maksimal untuk menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat dengan mengedepankan tindakan preemptif dan preventif serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kedua, perkuat sinergi dengan tni, pemda dan mitra kamtibmas lainnya dalam pelaksanaan operasi kepolisian lilin-2021.

Ketiga, tingkatkan pengawasan melekat kepada anggota masing-masing untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan penyimpangan.

Empat, pedomani perkap nomor 1 tahun 2019 tentang sistem, manajemen, dan standar keberhasilan operasional Polri.

Kelima, kepada tim wasops agar laksanakan tugas pengawasan sebaik-baiknya dengan menjaga integritas dan profesionalisme serta menjadi konsultan yang solutif.

Keenam, selalu berdoa, serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus covid-19.

Diketahui, Tim Irwasum Polri akan melakukan pendalaman Satgas Polda NTT dan Polres jajaran Polda NTT selama tiga hari terhitung dari Tanggal 28 sampai dengan 31 Desember 2021.