Di HUT ke-71 Polairud, Tiga Personel Polwan Ditpolairud Polda NTT Mendapat Brevet Bhayangkara Bahari

Di HUT ke-71 Polairud, Tiga Personel Polwan Ditpolairud Polda NTT Mendapat Brevet Bhayangkara Bahari

Tribratanewsntt.com - Tiga personel Polisi Wanita (Polwan Ditpolairud Polda NTT mendapat penganugerahan Brevet Bhayangkara Bahari dari Dirpolairud Baharkam Polri Brigadir Jenderal Polisi M. Yasin Kosasih, S.I.K., M.Si.

Pemberian Brevet Bhayangkara Bahari ini diserahkan langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum  pada saat syukuran HUT ke-71 Polairud yang digelar di Mako Ditpolairud Polda NTT, Desa Bolok, Kabupaten Kupang, Rabu (1/11/2021).

Ketiga Polwan tersebut diantaranya, Briptu Osi Mitasari Penkamau, Briptu Intan Riwu dan Briptu Aulia Wenyi.

Pemberian Brevet Bhayangkara Bahari kepada ketiga Personel Polwan ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya terhadap Kepolisian Perairan dan telah memenuhi persyaratan dibidang kecakapan pelaut serta telah melaksanakan pelayaran sesuai persyaratan.

Untuk diketahui, sebelum mendaptkan penganugerahan Brevet Bhayangkara Bahari ini, ketiga Polwan ini diwajibkan berlayar dari Labuan Bajo Manggarai Barat menuju Larantuka Flores Timur dengan jarak 208 Mil selama tiga malam.

Hal ini dilakukan sebagai syarat untuk mendaptkan Brevet Bhayangkara Bahari, dimana hal ini merupakan yang pertama dilakukan di Polda NTT khususnya di Ditpolairud yang juga merupakan terobosan dari Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda NTT mengungkapakan bahwa Polda-Polda lain yang melakukan hal tersebut, baru di Mabes Polri dan Polda NTT.

Dikatakannya, tugas polwan di kapal sebagai Crew/ABK kapal pulau timor di bagi dua regu dan bertugas sebagai ahli Nautika yaitu menyiapkan rute pelayaran bernavigasi seperti baring Peta ploting GPS Radar dan juga bertugas sebagai RO/ Operator radio komunikasi antarbudaya kapal sedangkan teknika Ikut jaga mesin.

Salah satu Polwan penerima Penganugerahan Brevet Bhayangkara Bahari Briptu Aulia Wenyi menyampaikan bahwa dari pelayaran yang dilakukan banyak pelajaran dan pengalaman tentang pelayaran yang didapat.

"Kami akhirnya mengerti arti dari Bhayangkara Bahari karena telah melaksanakan tugas berlayar walaupun hanya tiga malam tetapi akhirnya Kami sah menjadi anggota Ditpolairud", ujarnya.