Dihadiri Banyak Massa Pendukung, Deklarasi Paket SEHATI Dijaga Ketat Aparat Polres Belu

Dihadiri Banyak Massa Pendukung, Deklarasi Paket SEHATI Dijaga Ketat Aparat Polres Belu

Kepolisian Resor Belu menurunkan sekitar 116 Personil guna mengamankan jalannya kegiatan Deklarasi dan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu di kantor KPU Belu.

Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu yang mendaftarkan diri ke KPU Belu pada hari kedua jadwal pendaftaran, sabtu (5/9/2020) adalah Pasangan dr.Taolin Agustinus, Sp.P.D dan Drs. Aloysius Haleserens, MM (paket SEHATI).

Usai melaksanakan apel kesiapan pengamanan pagi tadi pukul 08.30 WITA di Mapolres, ratusan personil dipimpin Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, langsung bergerak menuju titik pengamanan yakni di kantor KPUD Belu dan tempat berlangsungnya deklarasi paket SEHATI yakni di Gedung Graha Kirani, Kel. Tulamalae, Kec. Atambua Barat, Kab. Belu.

Selain itu, anggota kepolisian yang terlibat dalam operasi Mantap Praja Turangga 2020 ini, juga melaksanakan pengawalan massa pendukung dari pasangan dr. Taolin Agustinus dan Drs. Aloysius Haleserens, yang bergerak dari titik kumpul menuju tempat deklarasi.

Dari pantauan Humas dilapangan, sejumlah persimpangan menuju gedung Graha Kirani Atambua, ditutup dan dijaga ketat aparat kepolisian.

Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir ganguuan kamtibmas sekaligus mencegah kemacetan arus lalu lintas dikarenakan massa pendukung yang hadir mencapai ribuan orang.

"Ada beberapa jalur Kita tutup terutama yang menuju tempat deklarasi. Kalau tidak ditutup sementara, otomatis kemacetan tidak bisa dihindari karena cukup banyak kendaraan dan massa yang datang menghadiri deklarasi"kata Kabag Ops selaku Karendal Ops Res Mantap Praja Polres Belu.

"Selepas dari tempat deklarasi ini, Kita akan kembali kawal pergeseran Paslon maupun Massa pendukung ke KPU untuk melakukan pendaftaran. Mudah-mudahan kegiatan hari ini berjalan dengan aman dan lancar"pungkas Kabag Ops.

Terpisah, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh,S.H.,S.I.K.,M.Si mengatakan, jajarannya akan mengawal semua tahapan Pilkada Belu 2020 ini agar dapat berlangsung dengan aman dan lancar serta berusaha menekan semua pelanggaran terkait aturan Pilkada .

Dirinya juga meminta seluruh personilnya untuk bersinergi dengan unsur TNI, Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, dengan mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum.

"Cipta kondisi sudah Kita lakukan sebelum tahap awal Pilkada ini bergulir. Saya juga sudah berulang kali tekankan ke anggota, agar segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pilkada serentak ini" kata Kapolres Belu.

"Dan untuk kegiatan hari ini, Saya pesan untuk anggota khususnya yang bertugas dilapangan supaya bekerja sesuai SOP, boleh tegas tapi humanis dan terukur. Para Perwira harus bisa kendalikan anggotanya dan segera informasikan kalau ada hal-hal yang menonjol terkait pelaksanaan pendaftaran paslon hari ini"pungkas Kapolres Belu.