Tatap Muka dengan Personel Polres Kupang, Kapolda NTT Minta Anggota Jangan Sakiti Hati Masyarakat

Tatap Muka dengan Personel Polres Kupang, Kapolda NTT Minta Anggota Jangan Sakiti Hati Masyarakat
Tatap Muka dengan Personel Polres Kupang, Kapolda NTT Minta Anggota Jangan Sakiti Hati Masyarakat

Tribratanewsntt.com, - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. melakukan tatap muka dengan personel Polres Kupang, Selasa (15/9/2020).

Kegiatan tatap muka dengan anggota Polres Kupang ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Kapolda NTT setelah menjabat pada tanggal 31 Agustus 2020.

Kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Kupang ini dihadiri juga oleh pejabat utama Polda NTT Karo Ops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjadja, Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol. Pol. Joudi A. A. Mayloor, S.I.K. dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Johannes Bangun S.Sos., S.I.K.

Dalam arahannya kepada personel Polres Kupang, Kapolda NTT meminta anggota agar selalu solid dalam bertugas.

"Seluruh anggota baik itu dari Reserse, Intel, Samapta, Lantas semua harus Solid dan kompak dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat"ujar Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kunjungan ke Polres Kupang ini merupakan agenda ke lima, ada empat Polres yang sudah didatangi Kapolda NTT yakni Polres Malaka, TTU, Belu dan Polres Kupang Kota.

"Kunjungan kerja ini agar saya bisa melihat langsung dari dekat kesiapan anggota dalam bertugas. Kita tau bahwa Kupang Kota dan Kupang Kabupaten ini merupakan Polres penyangga Polda, untuk itu saya selaku pejabat baru saya harus mengenal dengan cepat serta mengetahui dan memahami dari dekat 21 Polres yang ada di NTT ini" tambah Kapolda NTT.

Ditambahkan jenderal bintang dua ini bahwa keberhasilan dalam tugas bukan karena hebat perorangan melainkan kerjasama antar bawahan dan atasan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyampaikan tujuh poin Direktif yang harus dipedomani, antar alian, yang pertama tugas adalah amanah dan bagian dari ibadah kita kepada Tuhan yang maha Esa (kerja iklas, kerja keras dan kerja cerdas).

Kedua membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa (profesional, prosedural dan proforsional).

Ketiga turun cepat, lapor cepat dan tindak cepat dalam setiap permasalahan yang muncul dan berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas (jangan underestimate), tingkatkan komunikasi, koordinasi dan informasi masing-masing fungsi.

Keempat tingkatkan pembinaan dan kemampuan personil serta penggunaan kekuatan alut dan personil secara tepat, efektif dan efisien.

Lima tingkatkan kebersamaan baik secara personal maupun tugas guna jiwa korsa dan soliditas di internet Polri sendiri.

Keenam jangan sakiti hati rakyat, karena kita juga bagian dari rakyat, menyakitkan hati rakyat sama saja menyakiti diri dan keluarga sendiri.

Ketujuh awali dan akhiri setiap langka dalam tugas kita memberi kedamaian dan kesuksesan dengan berdoa dan selalu memohon rido Allah/Tuhan Yang Maha Esa.

Diakhir arahannya, Kapolda NTT menyampaikan  tiga tugas utama yang penting dilaksanakan antara lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian dalam rangka penanganan covid-19, pengamanan Pilkada serentak sembilan kabupaten di wilayah NTT dan mengenai masalah kebijakan pemerintah pusat tentang ketahanan ekonomi dan kekuatan pangan khususnya masalah destinasi wisata yang mana NTT adalah salah satu wilayah yang diperhatikan oleh Presiden RI.