Disiplin Prokes di Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Kapolda NTT Tegaskan Tidak Ada Malam Takbir Keliling

Disiplin Prokes di Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Kapolda NTT Tegaskan Tidak Ada Malam Takbir Keliling

Tribratanewsntt.com - Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021M jatuh pada 20 Juli 2021. Namun pelaksanannya akan berbeda karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Sehubungan dengan hal itu, dalam rangka menegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes) dan menjaga tertib jalannya ibadah, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menginstruksikan kepada jajaran untuk melaksankan kegiatan patroli sekaligus edukasi masyarakat untuk menyesuaikan dengan imbauan pemerintah terkait pelaksanan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021M di wilayah NTT.

Disampaikannya bahwa, personel Polda NTT dan jajaran akan melaksanakan patroli dengan menempatkan personel di lapangan untuk memberikan imbauan sekaligus memberikan pemahaman  pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dalam hal ini terkait pelaksanaan malam takbiran dan sholat Ied untuk menyesuaikan dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 tahun 2021.

“Dimana untuk malam Takbir keliling, kita imbau untuk tidak perlu ada dan besoknya Sholat Ied agar dilaksanakan di rumah masing-masing dengan keluarga sendiri itupun juga dicegah agar tidak terlalu banyak massanya”, terang Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum di Mapolda NTT pada Senin pagi (19/7/2021).

Sementara terkait pelaksanan penyembelihan hewan kurban, ia katakan personel Polda NTT dan jajaran bersama stakeholder terkait akan melaksanakan patroli guna memberikan imbauan bahwa pola penyembelihan hewan kurban cukup dilakukan oleh panitia dilengkapi dengan protokol kesehatan .

“Dan kita mendorong agar daging kurban tersebut dikirim langsung ke sasaran penerima yang sudah ditetapkan. Jadi tidak masyarakat yang datang bawa kupon berebutan dan sebagainya”, kata Kapolda NTT.

“Kita akan tertibkan, supaya nanti niat baik dan tujuan baik itu juga bisa dilaksankan dengan baik jangan malah merugikan masyarakat”, tandasnya.