Ditpolair Polda NTT Giatkan Patroli Dialogis, Beri Imbauan Prokes dan Bagikan Masker Kepada Awak Kapal di Perairan Waibalun

Ditpolair Polda NTT Giatkan Patroli Dialogis, Beri Imbauan Prokes dan Bagikan Masker Kepada Awak Kapal di Perairan Waibalun

Tribratanewsntt.com - Untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, Ditpolair Polda NTT melaksanakan patroli laut sekaligus memberikan himbauan Prokes kepada nelayan dan ABK untuk menjaga keselamatan dan terhindar dari penyebaran Covid-19 saat dalam pelayaran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan ketika Ditpolair Polda NTT melakukan patroli laut dengan menggunakan KP.Pulau Solor XXII- 3015 di sekitar Lokasi Perairan Waibalun, Flores Timur, Sabtu (17/7/2021).

Dalam kegiatan patroli dialogis tersebut, Anggota Ditpolair dipimpin oleh Bripka Junaidin Panara melakukan pemeriksaan terhadap sebuah Kapal KMN ANDIKA JAYA 03 Gt 25, Nahkoda Amirudin, dengan Abk sebanyak 9 orang,  pada koordinat 08°21'111" LS - 122°56'538" BT.

Dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran di atas kapal. Nahkoda dan abk dapat memahami pentingnya dokumen dan alat-alat keselamatan di atas kapal pada saat berlayar

Selanjutnya anggota juga memberikan masker sekaligus memberikan imbauan kepada awak kapal agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 5 M serta menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif S.H., M.Hum., melalui Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B., S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi Minggu (18/7/2021) mengatakan bahwa Pihaknya melakukan patroli dialogis tersebut untuk mencegah masuknya terorisme, radikalisme, narkoba, penangkapan ikan dengan alat tangkap berbahaya dan tindak pidana pelayaran lainnya sekaligus juga memberi himbauan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita lakukan secara masif dan gencar dengan menerapkan 5 M, mencuci tangan, mengunakan masker,  menjaga jarak, menghindari kerumunan serta menyampaikan bahaya gangguan kamtibmas dan terorisme,” ungkap Kabidhumas Polda NTT.

Menurutnya, para nelayan dalam beraktivitas di laut ataupun dilingkungannya agar saling memberi informasi dan menyampaikan keluhan masyarakat terkait masalah kamtibmas yang terjadi di wilayah pesisir maupun lautan.

“Kita berharap semoga dengan adanya kegiatan himbauan keselamatan dan dialogis dengan ABK dan nelayan, dapat menghindari diri dari covid 19 dan bersama peduli terhadap kamtibmas yang kondusif", tandasnya.