Ditpolairud Polda NTT Gelar Pembinaan Masyarakat Pesisir di Desa Oebelo

Ditpolairud Polda NTT Gelar Pembinaan Masyarakat Pesisir di Desa Oebelo

Tribratanewsntt.com - Personil Ditpolairud Polda NTT melaksanakan kegiatan Polmas atau Pemolisian Masyarakat terhadap masyarakat nelayan di wilayah Pesisir RT 02, Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Sabtu (28/8/2021).

Dalam kegiatan tersebut, 5 Personil dipimpin Bripka Lorens Kopong menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para nelayan. Ini dilakukan sebagai upaya bersama menjaga kondusifitas wilayah pesisir pantai.

Bripka Lorens Kopong mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan sinergitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekitar. “Di tengah perubahan cuaca ekstrim saat ini, kami minta kepada para nelayan untuk menyediakan alat keselamatan atau memenuhi SOP di atas kapal,” kata Bripka Lorens Kopong.

Ia juga minta warga segera berkoordinasi dengan Personil Ditpolairud atau kepolisian terdekat apabila terjadi hal-hal yang menonjol terkait kondusifitas wilayah pesisir. “Senantiasa berkoordinasi dengan pihak berwajib apabila terjadi hal-hal yang menonjol dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kegiatan Polmas ini dilakukan sebagai upaya mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara dini. Selain itu juga untuk menemukan pemecahan masalahnya.

“Pemahaman yang harus diketahui anggota Polri tentang pemolisian masyarakat, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian,” Terangnya.

Selain itu, warga juga diimbau untuk tidak menangkap ikan dengan menggunakan Bahan peledak dan potasium karena dapat merusak ekosistem bawah laut dan pentingnya membiasakan hidup sehat ditengah situasi pandemi Covid-19, serta pentingnya menjaga hutan mangrove.

"Kami berikan wawasan kepada warga terkait Covid-19 dengan harapan masyarakat bisa mematuhi apa yang menjadi protokol kesehatan, sekaligus menegakkan disiplin protokol kesehatan sebagai upaya perlindungan kesehatan baik bagi kehidupan pribadi dan bermasyarakat,” tegasnya.

Ia juga berharap semoga dengan penerapan protokol kesehatan yang baik dapat melindungi diri kita dari berbagai macam penyakit.

“Dengan menerapkan prokes dengan baik, maka kita menjaga diri kita dan orang lain dari penyebaran Covid-19", harapnya.

Diakhir kegiatan personil menyerahkan pembagian baju mitra Polairud Polda NTT kepada masyarakat dengan harapan masyarakat bersama-sama Bersinergi dengan Kepolisian dalam halnya menjaga Harkamtibmas.