Donor Darah Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Kapolda NTT: Semoga Bermanfaat Bagi Masyarakat

Donor Darah Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Kapolda NTT: Semoga Bermanfaat Bagi Masyarakat
Kapolda NTT tinjau langsung pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di halaman Mapolda NTT, Selasa (7/6)

Tribratanewsntt.com - Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Polda NTT gelar kegiatan bakti kesehatan berupa donor darah yang digelar di Mapolda NTT, Selasa (7/6/2022).

Kegiatan bakti kesehatan ini dibuka langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. dan dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto dan Irwasda Kombes Pol Drs. Zulkifli S.S.T., M.K., S.H., M.M serta Pejabat Utama Polda NTT. Hadir juga Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Henny Setyo Budiyanto beserta pengurus.

Pelaksanaan kegiatan bakti kesehatan ini pun dirangkai dengan kegiatan pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-70. Selain kegiatan donor darah,  pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan sosial kepada masyarakat perwakilan keluarga penderita bibir sumbing.

"Hari ini Polda NTT melaksanakan donor darah. Jadi donor darah ini merupakan rangkaian dari Hari Bhayangkara ke-76, kemudian dirangkaikan dengan pelaksanaan hari kesatuan gerak Bhayangkari yang ke-70", terang Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H kepada awak media di Mapolda NTT.

Dikatakannya, peserta donor darahannya terdiri dari para Anggota Polda NTT dan Bhayangkari Daerah NTT.

"Pesertanya adalah anggota dari Polda NTT, kemudian ibu-ibu Bhayangkari dan kemungkinan dari pihak luar atau rekan-rekan jurnalis yang mau memberikan donor silahkan", kata Kapolda NTT.

Menurutnya, ini tidak hanya dilaksanakan di Polda saja, tetapi di Polres-polres juga melakukan kegiatan yang sama yang mana ditargetkan sebanyak 500 orang pendonor.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak sesuai instruksi dari Markas Besar (Mabes Polri) secara Nasional dengan harapan bahwa bisa mencapai target 15 ribu pendonor", tuturnya.
 
"Kemudian untuk Polda NTT sendiri, targetnya adalah 500 pendonor baik dari anggota maupun Bhayangkari", tambahnya.

Jenderal Bintang Dua ini pun berharap dengan kegiatan donor darah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan yang tentunya akan disalurkan melalui PMI (Palang Merah Indonesia) wilayah NTT.

"Kita harapkan, kalau kita lihat antusias pagi ini cukup banyak yang sudah siap untuk mendonorkan darahnya. Kita tau bersama bahwa, donor darah adalah suatu kegiatan sosial  yang kita laksanakan untuk mendukung atau membantu masyarakat", harapnya.

Kapolda NTT menyamapikan bahwa, kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Biddokkes Polda NTT yang dipimpin oleh Kabiddokkes dan Karumkit RSB Titus Uly Kupang.

"Adapun pelaksanaannya dikoordinir atau dilaksanakan oleh Kabiddokkes kemudian Karumkit RSB Titus Uly Kupang dengan tenaga kesehatan yang ada, hari ini mencurahkan tenaganya untuk mendukung kegiatan donor darah", ucap orang nomor satu di Polda NTT ini.

Lanjutnya, selain kegiatan donor darah, Polda NTT juga akanmelaksanakan kegiatan bakti kesehatan lainnya rangka Hari Bhayangkara ke-76 yakni, operasi celah bibir dan lelangit, vaksinasi, pengobatan umumdan khitanan.

"Kami juga sampaikan kepada seluruh masyarakat di Provinsi NTT bahwa, tanggal 11 Juni 2022 itu akan ada pelaksanaan operasi celah bibir (bibir sumbing). Bagaimana prosesnya, bagi masyarakat yang berada di luar Kota Kupang silahkan menghubungi seksi kesehatan yang ada di Polres masing-masing, nanti akan didatakan, diinfentarisir dan data tersebut setelah diferifikasi, informasi tersebut akan diteruskan Kabiddokkes atau ke Karumkit RSB Titus Uly Kupang", ujarnya.

Ia berharap informasi ini dapat dipublikasi oleh para awak media, sehingga bisa sampai keseluruh  masyarakat di Provinsi NTT ini yang anaknya, yang keluarganya mengalami masalah dengan bibirnya bisa segera dikomonikasikan dengan pihak Polres.

"Prinsipnya tidak ada pemungutan biaya, itu gratis semuanya merupakan kegiatan sosial. Kemudian kegiatan vaksinasi tetap kita gencarkan dan kemudian kegiatan-kegiatan bakti sosial yang bermanfaat bersama Bhayangkari Daerah NTT untuk membantu masyarakat kurang mampu", tandas Kapolda NTT.