Personil Polda NTT Kawal Ketat Penambahan 2 Koli Vaksin Covid-19 di Kupang

Personil Polda NTT Kawal Ketat Penambahan 2 Koli Vaksin Covid-19 di Kupang

Tribratanewsntt.com - Personil Polda NTT Melakukan pengawalan ketat kedatangan penambahan vaksin Covid-19 jenis Sinovac dan Astra Zaneca yang tiba di terminal Cargo Bandara El Tari Kupang, Rabu (4/8/2021) pagi.

Personil Polda NTT terdiri dari 17 Personil gabungan dari Brimob 10 Personil, Lantas 4 Personil, Humas 1 Personil dan 2 Personil Intelkam Polda NTT melakukan pengawalan dan pengamanan secara VVIP.

Pengamanan dan pengawalan dilakukan mulai dari penjemputan vaksin dari kargo Bandara El Tari Kupang menuju gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT. Untuk memaksimalkan pengamanan dan pengawalan, sejumlah kendaraan taktis roda 4 dan roda 2 dikerahkan dalam pengawalan ini.

Kanit I KBR Satbrimobda Polda NTT Ipda Quin Tuhuleruw yang memimpin kegitan tersebut mengatakan, pada hari ini kedatangan 2 Koli vaksin vaksin atau 1.740 vial terdiri dari 1.500 Vial Vaksin Sinovac dan 240 Vial Aztra Zaneca yang akan diperuntukkan alokasi kepada masyarakat di Provinsi NTT.

“Sebanyak 2 Koli atau 1.740 vial tiba di Terminal Cargo pada pukul 06.50 Wita. Vaksin dibawa dengan menggunakan pesawat Batik Air dengan No. Penerbangan ID 6540 dan langsung bergerak menuju Gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang dengan pengawalan VVIP secara ketat oleh personel Brimob dan PJR Ditlantas Polda NTT", ujar Ipda Quin Tuhuleruw.

Dikatakannya bahwa, sebelum diangkut menuju Gudang Farmasi, terlebih dahulu dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan terhadap mobil pengangkut (Mobil Box PT. Bio Farma) serta kemasan vaksin oleh Personel Brimob.

Adapun rincian vaksin Covid-19 yang diterima pada penjemputan tahap XXXV sebagai berikut yakni Vaksin Sinovac sebanyak 1.500 vial akan dialokasi sentra vaksinasi dengan rincian Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 700 vial, Poltekes Kemenkes Kupang sebanyak 400 vial dan Universitas Muhammadiyah Kupang sebanyak 400 vial. Sedangkan 240 vial jenis Aztra Zaneca untuk Dinkesdukcapil Prov. NTT

Tiba di lokasi penyimpanan (Gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT), Vaksin diterima oleh Staf Gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT Nedi Tasoin kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima dari pihak ketiga PT. Biofarma kepada Dinkesdukcapil Provinsi NTT dan proses penurunan Vaksin Covid-19 dari atas Mobil Boks yang akan disimpan di dalam  Cool Room dengan suhu 2°C - 8°C.

"Seluruh rangkain kegiatan pengamanan dan pengawalan penjemputan vaksin selesai dalam keadaan aman dan lancar", tandasnya.