Dua Hari Ke Malaka, Kabag Sumda Polres Belu Gelar Sosialisasi Penerimaan Polri Di Tiga Sekolah

Dua Hari Ke Malaka, Kabag Sumda Polres Belu Gelar Sosialisasi Penerimaan Polri Di Tiga Sekolah

Tribratanewsntt.com ,- Kabag Sumda Polres Belu Akp Januarius Seran, SH, pada Rabu dan Kamis (9/3/17), menggelar sosialisasi penerimaan Polri di wilayah Kabupaten Malaka, tepatnya di SMA Sinar Pancasila Betun, SMAN 1 Welaus dan SMAN 1 Malaka Timur.

Didampingi Kapolsek Malaka Tengah Akp Mateus Sono, SH dan Kapolsek Kobalima Ipda Hadi Samsul Bahri, SH serta Srikandi Polwan Polres Belu, Kabag Sumda memulai sosialisasi hari pertamanya dengan menyambangi SMA Sinar Pancasila Betun, Kec.Malaka Tengah, kemudian berlanjut ke SMAN 1 Welaus,kec.Kobalima, Kab.Malaka.

Sesuai informasi yang dihimpun Humas, Kegiatan sosialisasi di dua sekolah tersebut, di gelar dari pukul 08.00 wita hingga pukul 12.45 wita. Usai kegiatan, Kabag Sumda dan rombongan bertolak kembali ke Atambua.

Keesokan harinya, yakni kamis (9/3/17), Kabag Sumda yang masih didampingi para Srikandi Polres Belu, bertolak menuju kecamatan Malaka Timur.

Disana, Kabag Sumda dan rombongan menyambangi SMAN 1 Malaka Timur yang didampingi Kapolsek Malaka Timur Iptu Filomena Bene Bere, SH.

Seperti sosialisasi sebelumnya, Kabag Sumda pada kesempatan tersebut memberikan pemahaman kepada para pelajar khususnya yang akan tamat tahun ini, tentang tata cara penerimaan Tamtama, Brigadir dan Taruna Akpol serta pembagian brosur.

Selain sosialisasi, belasan Srikandi Polwan Polres Belu yang turun bersama Kabag Sumda, memperagakan seragam dinas Polri di depan ratusan pelajar yang mengikuti sosialisasi.

Kepada Humas, Kabag Sumda mengungkapkan bahwa peragaan seragam dinas sengaja digelar agar para Pelajar dapat mengenal jenis-jenis seragam Polisi dan penggunaannya.

“Masing-masing Polwan memakai seragam Polisi yang berbeda tujuannya untuk Menampilkan Profile Sosok anggota Polri. Ada yang kenakan PDH, PDH Reskrim, Intelkam, Paminal, PDL-SUS, dan PDL A-1. Saya jelaskan jenis-jenis seragam yang dikenakan serta ketentuan penggunaannya”kata Kabag Sumda.

“Peragaan ini adalah bagian dari sosialisasi Kita guna menarik minat pelajar untuk masuk Polisi selain Kita menjelaskan syarat-syarat untuk menjadi anggota Polisi”kata Kabag Sumda.

Kepada yang berminat masuk Polisi, Kabag berpesan untuk mempersiapkan diri bila berkeinginan menjadi anggota Polri dan hindari perilaku menyimpang.

Lebih lanjut, mantan Kabag Ops Polres Sikka ini juga menegaskan bahwa dalam penerimaan Polri ini tidak dipungut biaya.

” Saya pesan agar mulai dari sekarang jaga fisik dengan baik, jauhi miras,rokok & merusak tubuh dengan tato karena pendaftarannya akan segera dibuka yakni tanggal 14 Maret hingga 15 April bulan depan” ungkap Kabag Sumda.

“Tes Polri terpadu ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bila ada yang mengatas namakan panitia atau Pejabat Polisi, menjanjikan kelulusan maka segera lapor biar segera Kita tindak lanjuti”lanjut Kabag Sumda.

Sebelumnya, sosialisasi serupa telah di gelar Kabag Sumda di sejumlah sekolah baik di wilayah Belu maupun Malaka antara lain di SMAN 1 Atambua,SMAK Suria Atambua, SMK Sto.Wilibrodus, Betun, Kec.Malaka Tengah dan SMAN 1 Besikama, Kec.Malaka Barat,Kab.Malaka.