Dukung Program Pendidikan, Kapolda NTT Terima Kunjungan Silahturahmi dari Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI

Dukung Program Pendidikan, Kapolda NTT Terima Kunjungan Silahturahmi dari Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampangi Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., menerima kunjungan silaturahmi dari Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI Brigjen TNI Dr(c). Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han) di ruang kerja Kapolda NTT, Jumat (3/9/2021) pagi.

Kedatangan Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI didampingi oleh Wakil dekan I Kolonel Laut Dr. Agus Adriyanto, S.T., M.M., CIQnR., CIQaR., IPU., dan Kaprodi Perikanan Tangkap  Kolonel Laut Dovian Isjafrin, S.H., M.Tr (Han).

Kunjungan silaturahmi ini untuk meminta Kapolda NTT sebagai narasumber dan mensosialisasikan kampus Unhan RI kepada Masyarakat dan anggota Polri agar lebih mengetahui dan mengenal.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTT mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan silaturahmi serta mengapresiasi kampus Unhan RI yang sudah berdiri kurang lebih selama 7 tahun dan saat ini telah membuka Politeknik Pertahanan Diploma 3 (D3) di Atambua, Belu.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI Brigjen TNI Dr(c). Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han) menjelaskan telah membuka Politeknik Pertahanan di Atambua dengan 7 Prodi D3 antara lain Budi Daya Pertanian Lahan Kering, Budi Daya Tanaman Perkebunan, Budi Daya Ternak, Perikanan Tangkap, Pengelolaan Hasil Laut/Perikanan, Permesinan Kapal dan Budi Daya Ikan.

"Pendirian Politkenik Pertahanan ini yaitu dalam hal kerjasama pendidikan yang juga sudah ditandatangani dengan berbagai dunia industri dan dunia usaha (DIDU), agar lulusan Politeknik Pertahanan dapat segera bekerja. Dan kedepannya, para alumni Politeknik Pertahanan nantinya dapat diarahkan sebagai sumber potensial rekrutmen prajurit komponen cadangan sebagai bentuk nyata Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata)", jelas Brigjen TNI Dr(c). Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han).

Pendaftaran Mahasiswa baru sudah dibuka pada Mei 2021. Untuk masing-masing Prodi ditargetkan pada awal sebanyak 25 mahasiswa, sehingga total yang nantinya akan diterima sebanyak  175 mahasiswa, akan juga dilaksanakan rekrutmen dan seleksi dosen untuk memenuhi ketentuan pembukaan Prodi sesuai standar Ditjen Dikti KemendikbudRistek.

“Baik para mahasiswa maupun para dosen akan diikutkan dalam pelatihan dasar militer selama satu bulan sebagai bagian program Kampus Bela Negara", terangnya.

Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa pendirian Politeknik Pertahanan di wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya di Atambua sangat bermanfaat sekali baik bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Ia pun akan mensosialisasikan kampus tersebut ke 21 Polres Jajaran Polda NTT.

Ia pun menyarankan agar disiapkan pembangunan fisik yang bagus untuk kelengkapan sarana-prasarana dan berbagai fasilitas pendidikan untuk menunjang Kampus Unhan RI di Atambua.

"Dengan kunjungan ini tentunya kami merasa terhormat dan menyambut baik rencana program dalam mencerdaskan anak bangsa melalui Fakultas Vokasi Unhan RI yang berada di Belu”, ujar Kapolda NTT.

Pertemuan ini diakhiri oleh pertukaran cendramata berupa plakat oleh Kapolda NTT bersama Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI dilanjutkan dengan foto bersama dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan.