Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Wakapolda NTT Sambut Kunjungan Tim Puslitbang Polri

Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Wakapolda NTT Sambut Kunjungan Tim Puslitbang Polri

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto menyambut kedatangan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri di Mapolda NTT, Senin (18/7/2022) pagi.

Kedatangan Tim Puslitbang Mabes Polri dipimpin oleh Analis Puslitbang Polri Kombes Pol. Syahrial M Said, S.I.K, bersama tim terdiri dari Kasubbag Uji Senjata Baglabtekpol Puslitbang Polri AKBP. Haryono, S.T., Pembina I Ahmad Munif, S.H., M.Si., Kasubbid Bekum Bidrikwastu Pembina Tk I Ahmad Munif, S.H., M.Si., dan Pamin Faskon Bidrikwastu Puslitbang Polri Penata Yuli Pertiwi, S.E., M.M. NIP. PS.

Sedangkan ikut mendampingi Wakapolda NTT dalam penyambutan ini yakni Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol Jan W. Imanuel Makatita, S.I.K., dan PS. Kabag Strajemen Biro Rena Pembina Deliana Kana Kadja.

Dalam kesempatan itu, Analis Puslitbang Polri Kombes Pol. Syahrial M Said, S.I.K., bersama tim mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Wakapolda NTT.

"Kedatangan kami dalam rangka melaksanakan penelitian tentang “Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024", ucap Kombes Pol. Syahrial M Said, S.I.K.

Selanjutnya, Tim berharap dalam pelaksanaan kunjungan di Polda NTT bisa mendapatkan informasi serta kondisi dan data riil peralatan PHH yang ada saat ini

"Sehingga polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024,” lanjutnya.

Diungkapkan bahwa, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu, secara kuantitatif dan kualitatif.

"Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online, pengecekan peralatan Dalmas, PHH dan wawancara mendalam (indepth interview) kepada para informan", ungkapnya.

Dalam kesempatan sama, Wakapolda NTT menyambut baik dan mengucapkan selamat datang kepada Puslitbang Polri di Mapolda NTT.

"Kegiatan ini sangat diperlukan guna perbaikan dan evaluasi bagi kita semua guna menjadi lebih siap dalam penanganan rusuh massa", ucap Wakapolda NTT.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan Peralatan Dalmas dan PHH yang dimiliki oleh Ditsamapta Polda NTT, Satbrimobda NTT, Polresta Kupang Kota dan Polres Kupang.

Untuk diketahui bahwa Puslitbang Polri memandang penting melakukan penelitian tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024.

Dari penelitian ini diharakan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak yang waktunya kurang dari dua tahun.