Gelar Pengamanan Festival Parade 1001 Kuda dan Tenun Ikat Polres Sumba Barat Kerahkan Seluruh Personil

Gelar Pengamanan Festival Parade 1001 Kuda dan Tenun Ikat Polres Sumba Barat Kerahkan Seluruh Personil

Tribratanewsntt.com- Sumba siap mendunia lewat Kuda Sandalwood, dan hari ini telah berlangsung Pembukaan Festival Parade 1001 Kuda dan Tenun Ikat di Lapangan Mandaelu Waikabubak Kabupaten Sumba Barat, Sabtu (8/7/2017).

Festival yang dimulai pada pukul 13.00 Wita ini dibuka langsung oleh Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole dimana dihadiri oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Drs. Benny A. Litelnoni, SH. M.Si, Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin, Dandim 1613 Sumba Barat, Kasub Bidang Promosi Wisata dan Ekowisata, Kasub Bidang Promosi Wisata Petualangan, PTT Asdep Pasar Personal, Wartawan Travel Plus Indonesia, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Perhubungan, Kadis Kearsipan, Wakil Bupati Sumba Barat, Ketua Pengadilan Agama Waikabubak, Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Pimpinan DPRD Kabupaten Sumba Barat, Pimpinan Perangkat Daerah / Unit Kerja Kabupaten Sumba Barat, Kepala Kejaksaan Kabupaten Sumba Barat, Sekda Kabupaten Sumba Barat, para Pimpinan SKPD se Kabupaten Sumba Barat, para Camat se Kabupaten Sumba Barat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, para Kades se Kabupaten Sumba Barat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Sumba Barat serta para Pengusaha dan Insan Pers.

Setelah rangkaian pembukaan acara selesai dilaksanakan, pukul 15.15 Wita kegiatan dilanjutkan di Kantor Camat Kota Waikabubak berupa Pelepasan Kuda Sandalwood sebanyak 250 ekor dengan diiringi Tarian Adat Woleka. Rute diawali dari depan Kantor Camat Kota Waikabubak dan berakhir di Terminal Lama dan sekaligus bubar di Pasar Lama Waikabubak, Kelurahan Wailiang, Kabupaten Sumba Barat.

Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat ini diikuti oleh sebanyak 250 ekor kuda dan pengrajin Tenun Ikat sebanyak 171 orang yang tersebar dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Barat.

Mengingat banyaknya undangan dan peserta festival serta masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini, Polres Sumba Barat bersama Brimob Sub Den 4 Den A Pelopor Sumba Barat mengerahkan banyak personil untuk melakukan pengamanan selama gelar festival berlangsung.

Parade 1001 Kuda Sandalwood dan 1001 Tenun Ikat ini berakhir pada pukul 17.00 wita dan berjalan dengan aman, tertib serta lancar dimana kemudian dilanjutkan makan malam dan ramah tamah bagi seluruh undangan yang hadir di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat.