Goes To School, Polwan Polres Kupang Kota Bagikan Pengetahuan dan Bantuan

Goes To School, Polwan Polres Kupang Kota Bagikan Pengetahuan dan Bantuan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka memperingati HUT Polwan ke-69 tahun 2017, Polwan Polres Kupang Kota melaksanakan kegiatan Polwan Goes To School di SMP Surya Mandala Jalan Timor Raya kilometer 9 gang Monitor, Kelurahan Oesapa,Kota Kupang,Kamis (24/08/2017).

Kegiatan Polwan goes to school dilaksanakan dalam bentuk acara sosialisasi yang diisi dengan materi tentang wawasan kebangsaan serta kenakalan remaja. Kegiatan Polwan Goes To School dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Kupang Kota, Iptu Ratna Yuda Tupong dan diikuti oleh beberapa Polwan Polres Kupang Kota.

Kasat Binmas beserta Anggota Binmas dan Polwan Polres Kupang Kota di sambut oleh kepala sekolah SMP Surya Mandala Ibu Bendelina dan guru – guru serta murid SMP Surya Mandala dengan penuh sukacita.

SMP Surya Mandala didirikan oleh Yoseph Orem Blikololong (57) yang kesehariannya berprofesi sebagai pemulung di salah satu Mall di kota Kupang dibangun pada tahun 2011 menampung siswa yang berasal dari latar belakang keluarga yang tak mampu dari segi ekonomi seperti anak jalanan, penjual koran, pencari besi tua, penjual keresek di pasar, hingga kondektur angkutan kota yang berjumlah 98 orang murid tidak di pungut biaya ( gratis), selain itu juga, 10 guru yang mengajar di SMP Surya Mandala hanya di beri gaji sebesar 100 ribu rupiah perbulan dan proses pengajiannya diberikan setiap tiga bulan sekali.

Dalam Sosialisasi tersebut, Polwan Polres Kupang Kota memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada para pelajar, karena saat ini pelajar merupakan kategori usia rentan yang menjadi sasaran kelompok penyebar paham radikalisme dan terorisme serta Ormas Anti Pancasila.

“Dalam momen HUT Polwan ke 69 tahun 2017 ini, kami ingin membantu memberikan pemahaman tentang wawasan kebagsaan serta cinta tanah air, dan memberi penjelasan tentang bahaya penyebaran paham radikalisme, bagi persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Kasat Binmas.

Selain itu, para Polwan Polres Kupang Kota yang ikut dalam kegiatan tersebut juga memberikan pemahaman tentang kenakalan remaja seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras (Miras), Tawuran antar pelajar, hingga sosialisasi mengenai ketertiban dalam berlalu-lintas. Siswa SMP Surya Mandala tampak serius mendengarkan pemaparan yang disampaikan Polwan Polres Kupang Kota dan beberapa pertanyaan pun diajukan terkait dengan materi yang diberikan Srikandi Polres Kupang Kota.

kepala sekolah SMP Surya Mandala Ibu Bendelina mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, apalagi yang disampaikan terkait kenakalan remaja. Tentu besar harapan kami siswa semakin memahaminya ditengah perkembangan zaman dan teknologi sekarang ini.

“Kami berharap dengan pelaksanaan kegiatan Polwan Goes To School ini dapat menampilkan sosok Polisi Humanis dan merubah image anggota Polri dimata para pelajar, sebagai sosok pembimbing dan pengayom masyarakat, guna menjalin kedekatan antara anggota Kepolisian dengan anak-anak ataupun para pelajar.” ungkap Iptu Ratna Yuda Tupong.

Di tempat terpisah, Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon CN, SH,M.Hum menyampaikan,kegiatan Polwan Goes To School yang dilaskanakan Polwan Polres Kupang Kota merupakan kepedulian Polri terhadap generasi muda di Indonesia sekaligus dalam rangkaian kegiatan Polwan Polres Kupang Kota dalam rangka menyambut HUT Polwan ke-69. “ungkap Kapolres.

Tidak hanya melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah,namun kegiatan seperti pelayanan, kegiatan sosial ( anjangsana serta kerja bakti ) dan pergelaran personil pada saat pagi hari juga akan dilakukan Polwan Polres Kupang Kota.”tambah Kapolres.

Dalam Kegiatan Polwan Goes To School siang tadi, Polwan Polres Kupang Kota menyerahkan sumbangan berupa buku tulis dan alat – alat tulis yang diterima oleh kepala sekolah Ibu Bendelina serta guru – guru dan Murid SMP Surya Mandala.