Gunkan Motor Pustaka, Ini Yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Loli

Gunkan Motor Pustaka, Ini Yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Loli

Tribratanewsntt.com,- Motor Pustaka merupakan sebuah motor patroli Bhabinkamtibmas yang dimodifikasi sedemikian rupa agar motor tersebut bisa membawa buku-buku bacaan serta perlengkapan belajar lainnya.

Motor Pustaka dimaksudkan untuk membangun semangat budaya membaca sejak dini terhadap kaum milenial yang tengah menempuh pendidikan.

Kanit Binmas Polsek Loli Aipda Burhan, S.H., gencar membawa Motor Pustaka tersebut ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah hukum Polsek Loli hingga ke pelosok kampung.

 Kali ini, Aipda Burhan melaksanakan kegiatan literasi di SDN Soba Rade 2, Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat. Rabu (18/1/2023).

Pada kegiatan tersebut, Aipda burhan dan anak-anak membaca buku bersama, story telling di depan anak-anak guna menumbuhkan keberanian anak dalam membaca dan tampil bercerita di depan audiens.

Ia juga memberikan hadiah kepada anak-anak yang berani tampil di depan kelas untuk menceritakan dan menjelaskan isi buku yang sudah dibaca.

Selain itu, Aipda Burhan juga membagikan buku dan alat tulis kepada semua anak-anak yang mengikuti kegiatan literasi tersebut.

Tak hanya di sekolah, kata dia, sasaran Motor Pustaka tersebut meliputi banyak tempat, seperti pasar, lapangan tempat anak-anak bermain bahkan Puskesmas yang ada di wilayah Loli. Tentu saja tujuannya untuk mendorong literasi anak.

 “Melalui Motor Pustaka ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mendorong dan meningkatkan literasi anak khususnya di daerah pelosok,” ujarnya.

 Sementara itu, Ibu Yana Rambu Bangi Roni, S.Pd., selaku wali kelas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas yang telah hadir di tengah-tengah anak didiknya.

 “Kegiatan hari ini sangat luar biasa, karena bermanfaat untuk kami SDN Soba Rade 2 khususnya kelas 6. Mereka mendapatkan pengetahuan baru, berpikir kritis, penalaran, motivasi serta keberanian untuk tampil,” ujarnya.

Aipda Burhan menambahkan, melalui program ini juga diharapkan dapat  meningkatkan kualitas SDM anak-anak negeri melalui sektor informasi. Dengan harapan ke depannya anak-anak dapat tumbuh menjadi pemuda-pemudi yang tangguh, pintar, dan cerdas.

 “Yang nantinya anak-anak berkualitas tersebut dapat menjadi penerus bagi nusa dan bangsa serta bisa membangun negeri yang kita cintai ini,” tandasnya.