Gunung Lewotobi Erupsi: Bhabinkamtibmas Imbau Warga Waspada dan Lakukan Koordinasi Aktif

Gunung Lewotobi Erupsi: Bhabinkamtibmas Imbau Warga Waspada dan Lakukan Koordinasi Aktif

Tribratanewsntt.com - Flores Timur, Sabtu 23 Desember 2023 - Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan mengalami erupsi pada Jumat, 22 Desember 2023, sekitar pukul 17.13 WITA, dengan durasi erupsi sekitar 688 detik. Informasi ini disampaikan oleh Kanit Intelkam Polres Flores Timur, AIPDA Damianus Hera, yang melakukan koordinasi dengan Ketua Pos Pengamat Gunung Lewotobi, Herman Yosef Mboro.

Meskipun hingga saat ini belum terjadi erupsi susulan, Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan tetap berada pada level 2 (Waspada). Bhabinkamtibmas Polres Flores Timur turut memberikan imbauan kepada warga masyarakat untuk menjauhi radius 2 kilometer dari pusat kawah gunung dan menghindari pendakian sementara waktu.

"Berdasarkan perkembangan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan, kami mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak melakukan pendakian dan aktivitas di sekitar gunung," ujar Bhabinkamtibmas yang melakukan penggalangan informasi di lapangan.

Gunung Lewotobi Laki-laki sudah sering mengalami erupsi, terakhir kali tercatat pada tahun 2004 yang berdampak pada beberapa desa di sekitarnya. Oleh karena itu, tindakan preventif diambil untuk mengurangi risiko dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

Perkembangan selanjutnya akan terus disampaikan kepada warga agar dapat mengambil langkah-langkah antisipatif dan menjaga keselamatan bersama. Pihak berwenang tetap melakukan pemantauan intensif terhadap aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat.