Hari Bhayangkara Ke- 73, Polres Sumba Timur Luncurkan Mobil Pelayanan SKCK Keliling

Hari Bhayangkara Ke- 73, Polres Sumba Timur Luncurkan Mobil Pelayanan SKCK Keliling

Tribaratanewsntt.com - Bertepatan dengan hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019, Polres Sumba Timur meluncurkan Mobil pelayanan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)  SKCK keliling, Rabu (10/7/2019) kemarin.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, S.H., M.H., kepada Humas Polda NTT saat dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019) pagi.

”Dengan dilaunchingnya mobil SKCK keliling diharapkan pelayanan SKCK kepada masyarakat dapat menjangkau semua Kecamatan di wilayah Kabupaten Sumba Timur, sehingga masyarakat dapat menghemat waktu dan biaya saat hendak mengurus SKCK mereka, dan hal ini sesuai dengan UU No.25 tahun 2009 tentang peningkatan pelayanan publik”, ujar AKBP Victor M. T. Silalahi, S.H., M.H.

Adapun berdasarkan kondisi yang ada saat ini pelayanan SKCK masih terpusat pada satuan Intelkam di Polres Sumba Timur sedangkan Polsek jajaran belum bisa melaksanakan pelayanan SKCK kepada publik, dikarenakan jumlah personil Polsek yang minim, kerterbatasan sarana dan prasarana serta belum tersedianya petugas perumusan sidik jari di tingkat Polsek, berdampak pada terhambatnya kebutuhan masyarakat akan SKCK, serta terkadang warga harus mengeluarkan biaya tambahan karena harus menempuh perjalanan cukup jauh dari kota kecamatan Ke Polres Sumba Timur.

”Menyikapi situasi dan kondisi tersebut Polres Sumba Timur melalui satuan Intelkam berinovasi untuk melayani masyarakat sampai ke pelosok. Dengan adanya mobil pelayanan SKCK keliling diharapakan mampu mendekatkan pelayanan Publik kususnya kebutuhan akan SKCK”, tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadir oleh Bupati Sumba Timur Drs. Gideon Mbilijora, M.Si. dan forkompimda Kabupaten Sumba Timur.