Jadi Narasumber pada Rakernis Fungsi Lantas Polda NTT Tahun 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif : Menang Melawan Covid 19, Together With Polda NTT, Yes We Can do It

Jadi Narasumber pada Rakernis Fungsi Lantas Polda NTT Tahun 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif : Menang Melawan Covid 19, Together With Polda NTT, Yes We Can do It

Tribratanewsntt.com,- Kegiatan Rakernis Fungsi Teknis Lalu Lintas tahun 2021 ini menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. sebagai narasumber, yang dihadiri juga oleh Kapolda NTT irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, Kamis (19/8/2021).

Hadir mendampingi Kapolda NTT, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si. dan Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H.,M.M. serta para pejabat utama Polda NTT. Tampak hadir juga Kadis PU Provinsi, Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan, Kadis Pariwisata, Kadispenda Provinsi serta Kepala Jasa Raharja NTT.

Dalam sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. yang dilakukan secara virtual ini mengatakan bahwa Pandemi Covid 19 saat ini telah membawa dampak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita tidak boleh lama berlarut dan harus segera bangkit. 34 juta masyarakat Indonesia menggantungkan mata pencahariannya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu kita harus semakin kreatif dan produktif untuk memenuhi tuntutan baik unsur kesehatan dan ekonomi serta kemanusiaan secara seimbang”ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Memulihkan sektor Pariwisata ada empat tahap yakni revitalisasi Destinasi, yang kedua pemulihan permintaan Domestik, ketiga pemulihan permintaan Internasional dan yang ke empat melanjutkan pembangunan pariwisata yang berkualitas.

Ada tiga strategi yang kami sebut yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi).

Dikatakannya bahwa NTT punya segalanya, punya asset alam, asset budaya yang luar biasa. “Flobamora itu penuh dengan beberapa destinasi kelas dunia secara lokalitas dan autentisitas luar biasa menjadi modal dalam mengembangkan kepariwisataan dan ekonomi NTT yang berdaya saing, berkualitas dan berkelas dunia. NTT adalah salah satu dari lima destinasi Super Prioritas yaitu yang kita kenal sebagai pariwisata premium Labuan Bajo. Oleh karena itu, seluruh kementerian lembaga mengolahnya agar bisa melanjutkan pariwisata yang berkualitas dan fokusnya pada pengalaman. Ini adalah nilai tambah kita untuk meningkatkan eknonomi,sosial, budaya dan lingkungan”jelasnya.’

Dengan mengedepankan prinsip pariwisata yang berkualitas dan berkewajiban, konsep wisata premium yang disiapkan pemerintah di Labuan Bajo akan segera terwujud, termasuk juga pengaturan lalu lintas.

“Saya sudah beberapa kali ke Labuan Bajo, 12 November 2020 lalu kemenparekraf telah melaksanakan simulasi protokol keselamatan keamanan dan kesehatan di Labuan Bajo yang melibatkan Kementerian Lembaga termasuk Polri dan TNI. Ini untuk mengatisipasi kecelakaan dan bencana di destinasi wisata. Pastikan semua perlengkapan serta sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan baik. Pariwisata kedepan, akan lebih mengedepankan keamanan dan kenyamanan. Diperlukan strategi yang konperensif integrative dan presisi sesuai dengan moto Polisi”lanjutnya.

Kemenparekraf sudah menggandeng Polda NTT secara awal untuk menyiapkan destinasi, dimana vaksinasi presisi serta kampanye protokol kesehatan Indonesia Care dan pelatihan pendampingan serta mempersiapkan promosi untuk NTT khususnya Labuan Bajo.

“Semoga rakernis Fungsi Teknis Lantas Polda NTT tahun 2021 berjalan dengan lancar dan berhasil mencapai tujuan kita berdoa agar kebangkitan dan kepulihan kita semua Polda NTT yang presisi dalam mendukung Destinasi Wisata Premium. Menang melawan Covid 19, Together With Polda NTT, Yes We Can do It”tandasnya.