Jaga Kondusifitas Kampanye Pemilu 2024, Personel OMB Gelar Patroli Malam

Jaga Kondusifitas Kampanye Pemilu 2024, Personel OMB Gelar Patroli Malam

Tribratanewsntt.com,- Batalyon I Kompi 3 Operasi Mantap Brata (OMB) Turangga 2023-2024 menggelar kegiatan patroli pada tahap kampanye Pemilu 2024.

Apel persiapan dan pengarahan dipimpin oleh Panit PJR IPDA Darwin Sousa, S.H, pada malam Kamis, 21 Desember 2023, pukul 19.30 WITA, di Mapolda NTT, Jln. Jenderal Soeharto No. 03, Kelurahan Naikoten, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Dalam arahannya, IPDA Darwin menekankan tanggung jawab penuh terhadap sasaran patroli, khususnya penyelenggara pemilu di Wilayah Provinsi Kota Kupang. Keselamatan dan kesehatan pribadi menjadi fokus dalam menjalankan tugas patroli tersebut.

Patroli dilakukan dengan lima unit kendaraan dinas R4, melibatkan 68 personil OMB Turangga. Sasaran utama patroli adalah memperkuat pengamanan terhadap Kantor KPU Prov NTT dan Kantor Bawaslu Prov NTT.

Selain itu, patroli memantau jalur utama aktivitas peserta pemilu, termasuk kawasan sekretariat parpol peserta Pemilu 2024, posko relawan Capres dan Cawapres RI, serta kawasan Kantor Pemkot Kota Kupang dan Pemprov. NTT.

Pukul 19.45 WITA, Batalyon I Kompi 3 Patroli OMB Turangga meluncur ke Jl. Herewila, Jl. Palapa, dan Jln. El Tari menuju Kantor Bawaslu Provinsi NTT. Tiba di sana, tim Patroli Ditlantas Polda NTT mengatur arus lalu lintas, sementara perwira OMB melakukan pengecekan personel pengamanan Bawaslu oleh Dalmas Dit Samapta Polda NTT yang di pimpin Ka Jaga Aipda Indra W Rajimin bersama 10 personel Pengamanan.

Perjalanan dilanjutkan melintasi Jl. Frans Seda, Jl. WJ Lalamentik menuju Kantor KPUD Prov. NTT. Di Kantor KPU, pelaksanaan pengamanan dilakukan oleh Dalmas Dit Samapta Polda NTT dan Ka Jaga Aiptu Asrul Kasaban bersama 10 personel PAM.

Tim Patroli juga bertanggung jawab atas pengaturan lalu lintas di depan Kantor KPUD Provinsi NTT (Jl. Polisi Militer). Pukul 20.35 WITA, tim melintasi Jl. El Tari - Jl. Palapa menuju Mapolda NTT untuk melaksanakan Apel pengecekan dan konsilidasi yang dipimpin oleh IPTU Feddy C. Toele, SH.

Dalam pelaksanaan patroli, tidak ditemukan kegiatan masyarakat atau aktivitas peserta Pemilu 2024 yang mengganggu ketertiban umum. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya OMB Turangga untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif, memberikan rasa aman kepada masyarakat, dan mendukung kelancaran tahap kampanye Pemilu 2024 di wilayah Kota Kupang.