Jaga Situasi Aman dan Nyaman Selama Pelaksanaan KTT Asean ke-42, Kapolda NTT Beri Imbauan Kamtibmas Kepada Masyarakat

Jaga Situasi Aman dan Nyaman Selama Pelaksanaan KTT Asean ke-42, Kapolda NTT Beri Imbauan Kamtibmas  Kepada Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Adadoma, M.Hum Beri imbauan Kamtibmas kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Barat untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Asean Summit di Labuan Bajo.

Imbauan Kamtibmas ini dibacakannya langsung pada apel deklarasi dukungan masyarakat kabupaten Manggarai Barat untuk mengamankan dan menyukseskan KTT Asean ke-42 tahun 2023 yang digelar di kawasan Goa Batucermin, Labuan Bajo, Jumat (5/5/2023).

Selain pada pelaksanana KTT Asean, Kapolda NTT pun berharap situasi kamtibmas aman dan nyaman tetap tercipta untuk seterusnya di Manggarai Barat khususnya di Labuan Bajo.

"Bahkan untuk selama-lamanya Manggarai Barat ini harus menjadi tempat yang aman, tempat yang nyaman, tempat yang memberikan kenikmatan kebahagiaan kepada siapa saja yang datang berkunjung di Manggarai Barat yang mempunyai potensi pariwisata luar biasa", harap Irjen Pol Drs. Johni Asadoma.

Adapun isi imbauan kamtibmas Kapolda NTT  itu antaralain, pertama agar ikut berpartisipasi ikut memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tempat tinggal serta di lingkungannya masing-masing.

Yang kedua, turut serta memberikan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para delegasi negara Asean dan wisatawan, baik domestik maupun internasional yang berkunjung di wilayah kabupaten Manggarai Barat dari ancaman apa pun juga, baik ancaman kriminalitas maupun ancamam-ancaman lainnya seperti bencana alam, kerusuhan, demonstrasi dan sebagainnya

Ketiga, menyelesaiakn konflik sosial atau adat yang ada di wilayah masing-masing secara arif dan bijaksana dengan mengedeoanakan penyelesaian melalui budaya adat lonto leo atau duduk melingkar membicarakan oermasalahan yang dihadapi untuk mendapatkan solusi yang bisa memuasakan kedua belah pihak.

Keempat, selalu menjaga kerukukunan dan keharmonisan dalam segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kelima, bijaksana dalam bermedia sosial, tidak menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian yang dapat memecah belah dan menyesatkan dan memprofokasi masyarakat serta menimbulkan konflik di dalam masyaramasyarakat.