Jajaran Brimob Polda NTT Lakukan Sterilisasi Gereja Jelang Peribadatan Malam Tahun Baru 2023

Jajaran Brimob Polda NTT Lakukan Sterilisasi Gereja Jelang Peribadatan Malam Tahun Baru 2023

Tribratanewsntt.com - Menjelang peribadatan Malam Tahun Baru 2023, jajaran Brimob Polda NTT melaksanakan sterilisasi di sejumlah gereja di Kota Kupang pada Minggu, 31 Desember 2023.

Langkah ini merupakan bagian dari operasi Lilin Turangga untuk mengantisipasi potensi ancaman atau benda mencurigakan selama ibadah berlangsung.

Puluhan personel Brimob Polda NTT terlibat dalam kegiatan ini, menyambangi puluhan gereja di Kota Kupang. Dalam sterilisasi, mereka melakukan penyisiran di berbagai sudut ruangan gereja, termasuk altar dan tempat duduk jemaat. Ornamen, hiasan, dan patung-patung juga tidak luput dari pengecekan.

Sterilisasi juga dilakukan di halaman luar gereja dengan menggunakan alat seperti metal detector untuk mendeteksi barang mencurigakan.

Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama peribadatan Malam Tahun Baru 2023.

"Kami meningkatkan pengamanan dengan pengecekan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap warga dalam melaksanakan ibadah pergantian Tahun," ujar Kombes Pol. Ariasandy.

Pengecekan dilakukan sebelum ibadah pagi maupun sore sebagai bentuk kesiapan Polri untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa tidak ditemukan barang-barang mencurigakan di gereja-gereja yang disterilisasi.

Setelah kegiatan sterilisasi selesai, pihak gereja dan rekan dari Polda maupun Polres menerima hasilnya. Personel Polri akan menjaga gereja-gereja tersebut selama kegiatan ibadah berlangsung, memastikan keamanan dan kenyamanan umat yang merayakan Malam pergantian Tahun 2023.