Kabidkeu Buka Kegaiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Polri Satker Jajaran Polda NTT

Kabidkeu Buka Kegaiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Polri Satker Jajaran Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Bidkeu Polda NTT) menyelenggarakan kegiatan penyusunan dan penyajian laporan keuangan Polri Polda NTT dan jajaran semester I tahun 2022, Rabu (20/7/2022).

Kegiatan yang digelar di Hotel Sylvia, jalan Jenderal Soeharto, Kota Kupang ini dibuka oleh Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung dan dihadiri oleh pejabat Kanwil DJPB Provinsi NTT, para Bendahara baik pengeluaran maupun penerimaan serta para operator Sakti satker jajaran Polda NTT.

Adapun tema dari kegiatan penyusunan dan penyajian laporan keuangan Polri Polda NTT semester I tahun 2022 ini mengusung tema "Dengan pelaksanaan roll out sakti full module tahun 2022 perlu penyesuaian rekonsiliasi data saiba dan simak bmn dalam rangka penyusunan laporan keuangan Polri Polda NTT untuk mempertahankan opini WTP dari BPK RI".

Mengawali sambutannya, Kabidkeu Polda NTT mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas pencapaian opini penilaian WTP dari BPK RI secara berturut-turut kepada seluruh peserta kegiatan rekonsiliasi jajaran Polda NTT.
“saya atas nama pimpinan Polri memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih, atas pencapaian opini penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK-RI, untuk ke sembilan kalinya secara berturut-turut”, ucap Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung.

Dikatakannya, opini WTP ini merupakan suatu prestasi tertinggi dalam penilaian atas laporan keuangan di lingkungan kementrian negara/lembaga, terkait hal ini, ia memberikan apresiasi yang sangat khusus kepada para operator skater serta jajaran fungsi keuangan dan logistik yang telah bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas dalam melaksanakan rekonsiliasi internal yang dilakukan antara UAKPA/UAKPA BUN dengan bendahara pengeluaran dan/atau bendahara penerimaan satker dan rekonsiliasi antar modul pada modul pelaporan sakti, yang dapat dimonitor melalui aplikasi monsakti, sehingga opini WTP tersebut dapat kita pertahankan.

Dijelaskan bahwa, dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan Polda NTT semester I tahun 2022 guna mempertahankan opini WTP agar melakukan langkah-langkah diantaranya,memastikan permasalahan pada laporan keuangan kementerian lembaga (LKKL) triwulan I 2022, satker telah menyelesaikan proses migrasi data persediaan dan aset tetap sampai dengan upload berita acara migrasi (BAM) pada aplikasi monsakti, mengikuti juknis migrasi saldo awal sakti sesuai surat direktur jenderal perbendaharaan nomor : S-142/PB/2022 tanggal 14 juni 2022.

Lanjutnya, setelah rangkaian proses migrasi diselesaikan sampai dengan upload berita acara migrasi (bam), maka satker dapat melakukan perekaman transaksi ta 2022, dengan ketentuan, lakukan verifikasi data persediaan dan koordinasi dengan modul komitmen, modul aset tetap serta modul akuntansi dan pelaporan, terutama untuk transaksi pembelian, terkait ketepatan penggunaan akun dan kodifikasi barangnya kemudian perekaman transaksi harus dilakukan secara urut dan diberikan tanggal pembukuan sesuai dengan tanggal dokumen transaksinya. 

“Bagi satker yang terindikasi ada data ketidaksesuaian penggunaan akun dengan kode barangnya untuk sementara waktu tidak melakukan perekaman transaksi ta. 2022, satker tersebut agar melakukan verifikasi terhadap ketidaksesuaian akun terhadap kode barang dan melakukan reklas terhadap kuantitas barang disesuaikan dengan harga perolehannya”, pintanya.

Neraca percobaan akrual (saldo awal) t.a. 2022 sumber monsakti telah sesuai dengan neraca percobaan Akrual Audited T.A. 2021 Sumber e-Rekon dan  LK. Data pada rekonsiliasi internal dan rekon span dengan sakti telah bersih tidak terdapat lagi tdk (transaksi dalam konfirmasi) bisa dilihat pada aplikasi monsakti.

Selanjutnya untuk kesesuaian neraca dan perlakuan akuntansi seperti : jurnal balik, utang, piutang, pendapatan diterima dimuka, belanja barang dan pegawai yang masih harus dibayar akan di pandu langsung oleh operator sakti wilayah, laporan manual pendukung yang sudah bisa dikerjakan tolong segera dikerjakan dan diserahkan sesuai check-list serta kepada satker yang sudah dinyatakan bersih dan bisa lanjut membuat calk silahkan segera membuat calk.

Kabidkeu Polda NTT menyampaikan bahwa, berkaitan dengan pelaksanaan roll out sakti full module untuk seluruh K/L pada tahun 2022, maka pemrosesan transaksi keuangan untuk penyusunan laporan keuangan pada seluruh satuan kerja (satker) telah sepenuhnya menggunakan sakti kelompok modul pelaporan (modul persediaan, modul aset tetap, modul piutang, serta modul general ledger dan pelaporan/GLP).

“Disamping itu saya mengajak kepada para pejabat pengemban fungsi logistik dan keuangan di satker jajaran Polda NTT, untuk saling berkoordinasi yang sebaik-baiknya, berupaya semaksimal mungkin serta mencari solusi dalam mengatasi setiap permasalahan bersama-sama untuk mengintegrasikan data bmn dan keuangan dalam mengatasi segala permasalahan, dinamika pengelolaan bmn dan keuangan bergerak sangat cepat dengan menggunakan teknologi informatika, maka kita wajib membekali kemampuan kita dengan pengetahuan teknologi informatika yang terkini, sehingga kita dapat mengikuti setiap gerak kemajuan yang dilakukan oleh kemenkeu ri tersebut,  menjaga dan meningkatkan kinerja para operator sakti, memberikan perhatian dan reward, terutama terhadap peningkatan kesejahteraan, peningkatan jenjang karir dan memberi kesempatan untuk mengembangkan dirinya melalui pendidikan kejuruan maupun sekolah pengembangan.

Sementara dalam rangka meningkatkan kualitas LKKL, K/L agar memanfaatkan menu to do list, monitoring, dan daftar/rincian pada aplikasi monsakti untuk memantau validitas data laporan keuangan kemudian mengimplementasikan pengendalian intern atas pelaporan keuangan (pipk) sesuai dengan PMK nomor 17/PMK.09/2019 tentang pedoman penerapan, penilaian, reviu pengendalian pelaporan intern atas dan keuangan pemerintah pusat dan menindaklanjuti hasil temuan lkkl tahun 2021 dengan melakukan rencana aksi sesuai rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) serta mengoptimalkan peran aparat pengawas intern pemerintah (apip) dalam menjaga keandalan penyajian LKKL.

“Saya sampaikan selamat melaksanakan kegiatan rekonsiliasi dalam rangka penyusunan laporan barang dan laporan keuangan polda ntt semester i tahun 2022, tetaplah semangat, jaga kondisi kesehatan dan semoga sukses selalu”, tandas Kabidkeu Polda NTT.