Jalin Sinergi dan Kerja Sama dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Kunjungi Uskup Agung Kupang

Jalin Sinergi dan Kerja Sama dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Kunjungi Uskup Agung Kupang

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Johni Asadoma, M.Hum melakukan silaturahmi kepada Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr., Kamis (24/11/2022) pagi.

Kedatangan Kapolda NTT ini disambut hangat oleh hangat oleh Mgr Petrus Turang dengan pengalungan selendang adat di Istana Keuskupan Agung Kupang di Jalan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini beberapa pejabat utama Polda  NTT terdiri dari Karo SDM, Dirbinmas, Dirreskrimum, Kabidkum, Kabidpropam dan Kabid TIK.

Kunjungan tersebut merupakan ajang silaturahmi dengan para tokoh agama yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, kunjungan silaturahmi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kerjasama antara Polda NTT dan Keuskupan Agung Kupang.

Kapolda NTT menyampaikan bahwa sebagai pejabat baru (Kapolda NTT) tentunya harus mendatangi para orang tua, mendatangi organisasi-organisasi keagamaan, mendatangi organisasi-organisasi masyarakat maupun dengan instansi terkait guna menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi serta kerja sama dalam menjaga Kamtibmas khususnya di NTT tetap aman dan kondusif.

"Kedatangan kami disamping silaturahmi dan sebagai pejabat Baru. Kami juga memohon dukungan dan kerja sama dengan umat Katolik untuk program masyarakat agar menertibkan karena peran Tokoh Agama sangat penting dan memiliki pengaruh signifikan dalam mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda NTT", ujar Kapolda NTT.

Dikatakannya bahwa, Perlu ada kerja sama dengan semua komponen masyarakat termasuk organisasi keagamaan.

"Perlu masukkan dari para Tokoh agama, Tokoh pemuda, Tokoh masyarakat dan Tokoh adat untuk memberikan koreksi-koreksi untuk perubahan Polri khusus Polda NTT agar lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat", katanya.

Kapolda NTT juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Uskup Agung Kupang yang selama ini telah membangun kerja sama yang baik dengan Polri khususnya Polda NTT.

"Karena kerja sama tersebut, maka situasi keamanan dan ketertiban khususnya dalam kehidupan beragama di dalam masyarakat ini semuanya bisa berjalan dengan kondusif, dengan lancar tanpa gangguan, tanpa masalah apa pun juga" ucapnya.

Dalam Kunjungan itu juga, Kapolda NTT dan Uskup Agung Kupang membahas persoalan kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin di wilayah Polda NTT.

Sementara itu, Uskup Agung menyambut baik kunjungan dari Kapolda NTT serta siap bekerja sama dan mendukung Polda NTT dalam menciptakan kamtibmas di wilayah NTT.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan pertukaran cenderamata antara Kapolda NTT dan Uskup Agung Kupang.