Jelang Perayaan Paskah, Tim Gegana Jibom Polda NTT Lakukan Sterilisasi Gereja Kota Kupang

Jelang Perayaan Paskah, Tim Gegana Jibom Polda NTT Lakukan Sterilisasi Gereja Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Jajaran Brimob Polda NTT melaksanakan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di Kota Kupang menjelang perayaan Paskah 2022. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya benda-benda membahayakan selama peribadatan berlangsung.

Seperti yang dilakukan oleh sepuluh personel Brimob Polda NTT yang terlibat dalam operasi Semana Santa 2022 menyambangi empat gereja di Kota Kupang terdiri dari GMIT Anugerah, GMIT Kota Kupang, GMIT Paniel Oebobo dan GMIT Mranatha, Rabu (12/4/2022) sore.

Dalam kegiatan itu, beberapa personel yang datang langsung melakukan penyisiran ke sejumlah sudut ruangan baik di altar gereja atau tempat duduk jemaat. Ornamen atau hiasan dan patung-patung yang ada di dalam gereja juga tak luput dari pengecekan.

​​​​​​

Selain itu, di halaman di luar gereja juga dilakukan sterilisasi. Pengecekan dilakukan menggunakan alat seperti metal detector yang difungsikan untuk mengetahui barang mencurigakan.

Ps. Kanit 3 Subden 1 Den Gegana Satbrimob Polda NTT Ipda Theodorus Boka, S.H., selaku ka Tim mengatakan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman menjelang Minggu Paskah, Satbrimobda NTT melakukan sterilisasi empat Gereja di Kota Kupang yang akan digunakan untuk kegiatan Ibadah Paskah.

“Kami meningkatkan pengamanan dengan pengecekan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap warga dalam melaksanakan ibadah,” kata Ipda Theodorus Boka, S.H.

Dikatakannya, bahwa kegiatan sterilisasi ini bertujuan agar memberikan keyakinan yang lebih kepada masyarakat. Terlebih kepada umat Kristen dan Katolik yang hendak melaksanakan peribadatan Hari Raya Paskah.

Dari hasil pengecekan yang telah dilakukan para anggota Brimob Polda NTT, tidak didapati barang-barang yang mencurigakan. Artinya, gereja dalam keadaan steril dan aman dan siap untuk digunakan dalam ibadah Paskah.

"Nanti setelah itu kita serah terimakan kepada pihak gereja maupun rekan kami yang ada dari Polda maupun Polres. Untuk selanjutnya menjaga sampai nanti kegiatan berlangsung hingga selesai benar-benar aman," ucapnya.

Untuk diketahui, selama rangkaian kegiatan ibadah Paskah, Ratusan personel Polda NTT telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan yang disebar luas di belasan Gereja di wilayah hukum Polres Kupang Kota yang menggelar kegiatan peribadatan.