Jenguk Pilot Batik Air, Kapolda NTT Ucapkan Selamat Karena Telah Menyelamatkan Ratusan Penumpang

Jenguk Pilot Batik Air, Kapolda NTT Ucapkan Selamat Karena Telah Menyelamatkan Ratusan Penumpang

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Hamidin menjenguk pilot Batik Air, Djarot Harnanto yang sempat pingsan usai mendarat darurat di bandara El Tari Penfui Kupang di Rumah sakit umum Siloam Kupang, Minggu (17/11/2019) malam.

Ikut mendampingi Kapolda NTT, sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda NTT dan kepala Rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang serta tim medis.

Kedatangan Jenderal bintang dua ini untuk mengucapkan selamat kepada pilot yang telah menyelamatkan pesawat dan ratusan penumpang, namun saat Kapolda NTT menjenguk, pilot sedang beristrahat.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada pilot yang bisa mendaratkan pesawat dengan sempurna dan menyelamatkan ratusan penumpang", ucap Irjen Pol. Drs. Hamidin.

Kapolda NTT mendapatkan penjelasan dari co pilot kalau pilot sudah mendaratkan pesawat, kemudian baru pingsan.

Ia juga memuji cara kerja pilot karena merupakan senior penerbangan yang terlatih dan instruktur. Secara manusia, kejadian ini merupakan kejadian luar biasa dan bukan karena kuasa manusia.

"Jadi pesawatnya sudah mendarat baru pilotnya pingsan dan ini luar biasa karena tidak ada insiden dan seluruh penumpang selamat. Gangguan kesehatan bisa menimpa siapa saja dan kapan saja dan pilot mengalami gangguan kesehatan pasca pesawat sudah mendarat", terangnya.

Kapolda NTT juga mengucapkan selamat kepada ratusan penumpang Batik Air yang selamat dalam insiden ini.

Untum diketahui, Pesawat Batik Air seri A-320 dengan nomor penerbangan ID 6548 tujuan Jakarta-Kupang mendarat darurat di bandara El-Tari Kupang, Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 12.30 wita.

Petugas KNKT bergerak cepat memeriksa kondisi pesawat dan melarikan pilot ke Rumah Sakit Umum Siloam Kupang guna untuk memeriksa kesehatan pilot. (*G)