Kadivhubinter Polri Beri Arahan Dalam Rangka Monev Tujuh Polres Perbatasan di Wilayah Hukum Polda NTT

Kadivhubinter Polri Beri Arahan Dalam Rangka Monev Tujuh Polres Perbatasan di Wilayah Hukum Polda NTT
Kadivhubinter Polri Beri Arahan Dalam Rangka Monev Tujuh Polres Perbatasan di Wilayah Hukum Polda NTT
Kadivhubinter Polri Beri Arahan Dalam Rangka Monev Tujuh Polres Perbatasan di Wilayah Hukum Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., melakukan kunjungan kerja di Polda NTT, Jumat (27/11/2020). Kunjungan ini dalam rangka rangka Monitoring dan Evaluasi tujuh Polres perbatasan di wilayah hukum Polda NTT yakni Polres TTU, Polres Kupang, Polres Belu, Polres Malaka, Polres Alor, Polres Rote Ndao dan Polres Sumba Timur.

Dalam kunjungan ini, Kadivhubinter Polri didampingi oleh Kabagprotokol Divhubinter Polri Kombes Pol. IGN Agung Suandika, Kabaglotas Divhubinter Polri Kombes Pol. Himawan, Kasubbag Batas Divhubinter Polri AKBP Dacosta dan Kaurmin Baglotas Divhubinter Polri AKP Herio R.

Tujuan Monev ini adalah untuk melihat dan mengevaluasi sinergitas antara Polri dan instansi terkait di wilayah perbatasan Indonesia dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam rangka penanggulangan kejahatan transnasional maupun internasional.

Pada kesempatan ini, Kadivhubinter Polri didampingi oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., melakukan tatap muka dan arahan kepada tujuh Polres perbatasan melalui sarana virtual serta dihadiri oleh pejabat utama Polda NTT yang terdiri Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., dan Dirpamobvit Polda NTT Kombes Pol. Grandie Teguh Pidegso, S.I.K.

Dalam sambutan Kapolda NTT menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kadivhubinter Polri bersama rombongan di Polda NTT dalam rangkaian monitoring evaluasi perbatasan.

Selain itu juga dilakukan pemutaran Video selayang pandang Polda NTT yang berisikan keadaan geografis Provinsi NTT serta kondisi Polda NTT dan Polres Jajaran

Orang nomor satu di Polda NTT juga menjelaskan terkait kesiapan Polda NTT dimana Labuan Bajo ditetapkan oleh Presiden sebagai Destinasi Wisata Premium termasuk Polda telah menggeser 61 personel yang bertugas di Labuan Bajo.

Sementara itu dalam sambutan Kadivhubinter Polri menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan Kapolda NTT dan Jajaran.

Ia mengatakan bahwa kunjungan ini adalah kegiatan monitoring dan evaluasi perbatasan guna mengetahui kelemahan dan kekurangan diwilayah perbatasan.

Kadivhubinter juga menjelaskan terkait gambaran umum Tupoksi Divhubinter Polri serta menyampaikan bahwa Negara Indonesia ada 10 perbatasan laut dan perbatasan Darat dan Polda NTT sangat spesial dimana wilayahnya berbatasan Laut dengan Negara Australia dan perbatasan Darat dengan Negara Timor Leste.

"Untuk sementara semua kegiatan diarahkan dalam negeri karena situasi pandemi Covid-19 sementara sesuai program Presiden RI dimana perbatasan sebagai garda terdepan sehingga Divhubinter memandang betapa pentingnya wilayah perbatasan baik yang meliputi bidang SDM, bidang Logistik atau sarana prasarana serta bidang Operasional. Sehingga operasional bisa berjalan maksimal termasuk pemerataan dalam pembangunan di wilayah perbatasan", ucap Kadivhubinter Polri.

Selanjutnya, Kadivhubinter Polri melakukan paparan kepada tujuh Polres perbatasan di wilayah hukum Polda NTT yakni Polres TTU, Polres Kupang, Polres Belu, Polres Malaka, Polres Alor, Polres Rote Ndao dan Polres Sumba Timur.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan pertukaran cendramata berupa Plakat Polda NTT dan pemakaian Jaket Interpol serta buku panduan dari Kadivhubinter Polri kepada Kapolda NTT.