Kapolda NTT Ajak Unsur Forkopimda Manggarai Timur Bersama Jaga Kamtibmas yang Kondusif

Kapolda NTT Ajak Unsur Forkopimda Manggarai Timur Bersama Jaga Kamtibmas yang Kondusif

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., mengajak unsur forkopimda untuk berkerjasama dengan Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Hal ini disampaikan Kapolda NTT saat melakukan tatap muka bersama dengan unsur Forkopimda dan Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, FKUB, serta PP Polri di wilayah Manggarai Timur, Kantor Bupati Manggarai Timur, Sabtu (13/5/2023).

Hadir dalam pertemuan itu juga beberapa pejabat Utama Polda NTT, Kapolres Manggarai Timur, Wakil Bupati Manggarai Timur, Sekda Kabupaten Manggarai Timur, Staf ahli dan para Asisten, Kepala OPD Setda Manggarai Timur, PJU Polres Manggarai Timur, para Camat Se-kabupaten Manggarai Timur, Para Lurah dan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, FKUB dan PP Polri. 

Kedatangan Kapolda NTT bersama rombongan ini disambut dengan penerimaan secara adat/ kepok oleh Wakil Bupati Manggarai Timur dan OPD Kabupaten Manggarai Timur.

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengungkapkan bahwa berbagai macam program dan inovasi telah diterapkan dan laksanakan guna mendukung pelaksanaan tugas Pemerintah demi terciptanya keamanan dan kemakmuran masyarakat di wilayah NTT ini.

"Oleh karena itu mari kita bersama-sama baik Polri maupun Pemerintah khsususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur, mari kita bekerjasama memelihara Kamtibmas di wiliyah Manggarai Timur ini agar terhindar dari segala bentuk tindakan kejahatan", harap Kapolda NTT.

Adapun Program Kapolda untuk NTT yaitu membangun kerjasama dengan semua instansi terkait, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat di wilayah hukum Polda NTT untuk membangun daerah ini. Disamping itu Kapolda juga menerapkan program UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) guna mendukung pemulihan ekonomi nasional dan pengendalian invasif.

Selanjutnya Polda NTT juga menerapkan metode Restorative Justice dalam penegakan hukum sehingga adanya penyelesaian masalah dengan kepala dingin bagi pihak pelapor maupun terlapor.

"Dan yang terakhir membuka komunikasi terbuka antara Polisi dan masyarakat melalui "Jumat Curhat", terangnya.

Selain itu, Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa kedatangan di Kabupaten Manggarai Timur dalam rangka melakukan kunjungan kerja.

"Ini merupakan kunjungan kerja pertama saya ke wilayah Manggarai Timur untuk melihat satuan Kewilayahan, situasi kamtibmas, hubungan polri dengan masyarakat dan dinamika masyarakat", jelasnya.

Dikatakannya bahwa Fungsi Kepolisian Memegang peranan penting dalam Pembangunan Daerah. Perkembangan lingkungan strategis secara Global, Regional dan Nasional sangatlah penting bagi masyarakat dikarenakan harus adanya situasi yang kondusif yang diamanatkan kepada kepolisian untuk mengamankannya.

Kapolda menjelaskan tugas Pokok Kepolisian dalam hal ini fungsional Polri yaitu Melindungi, Mengayomi dan Melayani masyarakat sangatlah mulia, dikarenakan adanya resiko yang harus diambil saat melakukan suatu tindakan.

"Untuk kita ketahui, potensi Gangguan Kemanan yang ada di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting melibatkan semua unsur baik itu dari Pemerintah, Pihak Keamanan TNI-POLRI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat dan seluruh masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan Polres dalam membangun daerah serta mencegah terjadinya potensi gangguan keamanan yang ada di tengah-tengah masyarakat", Tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Manggarai Timur Siprianus Habur, S.Sos, mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur mengucapkan selamat atas peresmian Mako Polres Manggarai Timur yang telah diresmikan.

"Dengan begitu dapat meningkatkan peran dan fungsi Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah Masyarakat. Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur senantiasa mendukung Program Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur melalui Kepolisian Resort Mangggarai Timur yang berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang kondusif, menekan terjadinya angka kriminalitas, serta mengantisipasi potensi konflik dan kejahatan yang dapat mengganggu jalannya roda pemerintahan serta pembangunan di daerah ini", ucap Wakil Bupati.

Diucapkannya, bahwa Pemda bersama seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai sangat mendukung pembangunan mako baru Polres Manggarai Timur sehingga anggota polres manggarai timur dapat melaksanakan tugas pelayanan dengan aman dan nyaman. 

"Saya mewakili Pemda manggarai timur berharap dan percaya dengan adanya gedung SPKT yang baru dapat membantu Polres Manggarai Timur dalam meningkatkan  pendekatan pelayanan kepada masyarakat manggarai timur serta dapat mengantisipasi potensi konflik dan kejahatan yang dapat mengganggu jalannya roda pemerintahan, pembangunan infrastruktur dan roda investasi serta perekonomian masyarakat  Kabupaten Manggarai Timur", tandasnya.