Kapolda NTT Apresiasi Pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Suara di Delapan Kabupaten Berjalan Dengan Aman

Kapolda NTT Apresiasi Pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Suara di Delapan Kabupaten Berjalan Dengan Aman

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mengapresiasi delapan Kebupaten atas pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pilkada 2020 tingkat Kebupaten berjalan dengan aman dan kondusif.

"Saya mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu mulai dari tahapan pleno rekapitulasi di Delapan Kabupaten semua rangkaian kegiatan ini berjalan aman, tertib dan lancar", ungkap Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., saat dikonfirmasi, Rabu (16/12/2020).

Dari Sembilan Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak, Delapan Kabupaten yang sudah selesai melaksanakan rapat pleno penetapan hasil perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang terdiri dari Kabupaten Sumba Barat dan Manggarai selesai perhitungan pada tanggal 15 Desember 2020, Sedangkan Kebupaten TTU, Sabu Raijua, Sumba Timur, Belu, Malaka dan Kebupaten Manggarai Barat Selesai perhitungan pada tanggal 16 Desember 2020.

"Sisa satu Kabupaten yakni Kebupaten Ngada yang akan melaksanakan pleno pada keesokan hari yaitu pada tanggal 17 Desember 2020", jelasnya.

Orang nomor satu di Polda NTT berharap kondisi tersebut bisa terus dipertahankan untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif serta masyarakat yang tidak terpecah belah hanya karena Pilkada.

"Proses rekapitulasi yang cukup panjang ini tentu banyak menguras tenaga dan pikiran. Namun karena dedikasi akan tanggung jawab serta kesadaran bersama akan pentingnya keamanan dalam setiap proses Pilkada maka delapan Kebupaten mampu mewujudkan pemilu yang demokratis", terangnya.

"Proses rekapitulasi tingkat kebupaten di NTT berjalan aman dan lancar. Usaha ini tentu patut kita apresiasi dan pertahankan bersama agar ke depan di Provinsi NTT menjadi lebih bermartabat", tambahnya.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolda NTT selaku penanggungjawab Kamtibmas di NTT, yang bertanggung jawab dalam proses pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di sembilan Kebupaten mengapresiasi seluruh penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu tingkat Kabupaten, atas kerja samanya dalam rangka pengamanan mulai dari awal hingga proses rekapitulasinya.

"Saya meminta seluruh Personil dalam melaksanakan pengamanan ini, agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab agar semuanya berjalan dengan apa yang kita rencanakan", pungkasnya.