Kapolda NTT Bagikan Handphone Baru Kepada Mahasiswa UKAW Kupang yang Mampu Menjawab Tantangannya

Kapolda NTT Bagikan Handphone Baru Kepada Mahasiswa UKAW Kupang yang Mampu Menjawab Tantangannya

Tribratanewsntt.com - Memotivasi agar mampu tampil di depan banyak orang, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum berikan satu tantangan khusus bagi para Mahasiswa yang mampu merangkum dan menyampaikan presentasinya dalam bahasa Inggris.

Hal ini dilakukannya saat memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa di Universitas Kristen Arta Wacana (UKAW) Kupang, Senin (6/2/2023).

"Ade-ade Mahasiswa, ada yang mau Handphone tidak? Kalau ada yang mau Beta (Saya) kasih, tetapi ada syaratnya. Di dunia ini tidak ada yang gratis, semuanya harus dengan kerja dan pengorbanan", tanya Kapolda NTT dan sontak dijawab mau oleh para Mahasiswa.

"Syaratnya gampang aja, perhatikan presentasi saya, setelah itu, buat rangkuman dalam lima menit kemudian menyampaikan dengan bahasa Inggris. Kalau bisa dapat handphone baru Samsung Galaxy A23", lanjutnya.

Dikatakannya, hal ini sering dilakukannya saat berkunjung ke sekolah-sekolah terutana SMA-SMA di berbagai kabupaten di NTT.

"Di sekolah-sekolah, saya berikan semacam ceramah Kamtibmas begitulah kepada para siswa pada apel pagi. Syaratnya ya sama, apa yang saya sampaikan, cermati, amati, catat ceramah saya setelah itu siapa yang bisa rangkum dan menyampaikan dalam bahasa Inggris minimal waktunya tiga menit. Jadi di SMA tiga menit, ini karena mahasiswa jadi lima menit. Jadi kalau bisa dapat HP baru, Samsung Galaxy A3, lumayan kan? itu saja syarakatnya tidak ada yang lain", kata Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Ia menjelaskan bahwa hal ini dilakukannya semata-mata ingin mencoba kemampuan bahasa Inggris dari para mahasiswa. Karena kata Kapolda, kemampuan bahasa inggris adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga kerja di abad 21 ini.

"Kemampuan Bahasa Inggris, kemampuan tekhonolgi informasi, kemampuan komunikasi, kemampuan menyamapikan, meyakninkan ide dan gagasan, kemampuan berinovasi dan kreasi, disiplin serta kerja keras itu adalah kemampuan-kemampuan dasar yang dituntut zaman kepada calon-calon pekerja. Jadi itu harus ade-ade mahasiswa miliki", jelas jenderal bintang dua ini.

Selain itu, dijelaskannya bahwa, ini dilakukannya semata-mata untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk berani tampil di depan untuk menyampaikan ide dan gagasan.

"Jangan pernah merasa takut salah, anda tidak akan maju. Jika anda dikungkung oleh perasaan takut, kwartir, minder maka anda tidak akan maju", jelasnya.

Ia pun berharap kepada para mahasiswa UKAW Kupang untuk siap berkompetisi dalam meraih cita-citanya, karena sejatinya manusia tentu ingin mencapai prestasi yang terbaik.

"Saya sebagai putra daerah berkarer di Kepolisian berkompetisi dengan para Perwira di seluruh Indonesia. Jadi sejak di sekolah kita sudah mulai berkompetisi, berlomba-lomba mencapai yang terbaik. Begitu sudah bekerja pun kita juga berkompetisi untuk mendapatkan karier yang baik", harapnya.

"Jadi, ini saya memotivasi ade-ade sekalian. Jangan pernah ragu, jangan malas dan pernah takut untuk bicara di depan orang banyak. Sampaikan ide gagasan karena di stu orang mengukur kecerdasan kita, kepandaian kita, kemampuan kita. Kalau kita diam-diam orang tidak akan tahu", pungkas Kapolda NTT.

Pada kuliah umum ini, Kapolda NTT memberikan materi tentang Cyber Crime kepada ratusan Mahasiswa UKAW Kupang.