Kapolda NTT Beri Pesan Penting untuk Masyarakat Sulamu

Kapolda NTT Beri Pesan Penting untuk Masyarakat Sulamu

Tribratanewsntt.com, Kupang - Di Dusun Kukak, Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Sabtu (9/9/2023), Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, menyampaikan tiga pesan penting kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTT menyoroti tiga poin penting yang harus dijalankan oleh masyarakat sehari-hari. Pertama, cegah bersama tindak pidana perdagangan orang (TPPO), yang saat ini menjadi fokus utama di Polda NTT, mengingat jumlah korban yang meninggal dunia akibat TPPO semakin meningkat.

Ia mengajak masyarakat untuk berani melaporkan perekrut ilegal yang mendatangi rumah mereka dan untuk mendapatkan informasi tentang cara melamar kerja yang benar untuk bekerja di luar negeri, Kapolda meminta untuk langsung mendatangi Dinas Tenaga Kerja.

"Datangi saja kantor atau Dinas Tenaga Kerja, tanya prosedur melamar kerja yang baik untuk bisa bekerja dengan baik dan aman di luar negeri, jangan melalui calo," tegas Kapolda NTT.

Kedua, Irjen Johni mengingatkan masyarakat untuk menghindari minuman keras, yang seringkali menjadi pemicu berbagai permasalahan sosial dan kejahatan. 

Terakhir, Kapolda NTT mendorong masyarakat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024, dengan menekankan pentingnya tidak ada praktik money politik dan menjadi pemilih yang cerdas.

Kunjungan dari Jenderal bintang dua ini ke wilayah Kabupaten Kupang adalah yang kesekian kalinya, setelah sebelumnya mengunjungi Polsek Amfoang Timur dan masyarakat di daerah perbatasan dengan Republik Demokratik Timor-Leste (RDTL).

Kapolda NTT yang tiba di lokasi dengan menggunakan kapal patroli Polairud dan langsung disambut dengan seremoni adat penyambutan Pengalungan Selendang oleh Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Witata, S.I.K., M.H, serta tokoh masyarakat.

Selama kunjungannya, Irjen Pol Drs. Johni Asadoma yang didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Vera Asadoma berinteraksi dengan masyarakat, memberikan pertanyaan kepada anak-anak dan memberikan mereka hadiah kecil. Kapolda NTT juga membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat Kecamatan Sulamu sebagai bentuk kepeduliannya.

Para pendeta seklasis Sulamu, aparat pemerintah setempat, Anggota Polres Kupang juga turut hadir dalam kunjungan ini. Kapolda NTT dan beberapa Pejabat Utama Polda NTT akan mengikuti kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani bersama Jemaat Klasis Sulamu sebagai penutup kunjungan yang bermakna ini.