Kapolda NTT Hadiri Acara Peresmian Tiga Proyek Penataan Pantai dan Kota oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo

Kapolda NTT Hadiri Acara Peresmian Tiga Proyek Penataan Pantai dan Kota oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo
Presiden RI Resmikan Penataan Kawasan Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., menghadiri acara peresmian tiga Proyek Penataan Pantai dan Kota oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), Kamis (24/3/2022) pagi.

Tiga proyek tersebut terdiri Kota Lama di Kelurahan Lai Lai Besi Kopan (LLBK), Pantai Kelapa Lima di Kelurahan Kepala Lima, dan Koridor 3 di Jalan Frans Seda, Kota Kupang. Tiga proyek tersebut merupakan bagian dari perhatian Pemerintah Pusat ke Daerah melalui APBN, yang dikelola Kementerian PUPR senilai kurang lebih Rp.81 miliar.

Pembangunan tiga proyek tersebut semata-mata untuk mendukung sektor pariwisata dan peningkatan pemberdayaan pelaku UMKM di Kota Kupang, serta penataan Kota menjadi lebih indah.

Tiga proyek tersebut juga dibangun secara terpadu mulai dari penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Acara peresmian tiga proyek Kementerian PUPR di Kota Kupang ini, dipusatkan di Pantai Kelapa Lima, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Kegiatan peresmian ini diawali dengan peninjauan Fasilitas Penataan Kawasan oleh Presiden dipandu oleh Direktur Pengembangan Kawasan Pemukiman, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Ir. Johannes Wahju Kusumosusanto.

Presiden Ri didampingi Menteri Sekretaris Negara, Gubernur NTT, Wakil Gubernur, Walikota Kupang, serta Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian penataan kawasan kota Kupang, Kamis (24/3) pagi di pantai Kelapa Lima.

Selanjutnya, Pernyataan Presiden dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti sebagai tanda Peresmian Penataan Kawasan Kota Kupang yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Gubernur NTT, Wakil Gubernur NTT, Walikota Kupang, serta Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam kegiatan itu, Presiden RI menyampaikan bahwa peresmian beberapa Pembangunan kawasan antara lain, Pembangunan dari Kawasan LLBK Kota Lama, Pantai Taman Kota Kelapa Lima, Koridor 3 di jalan Frans Seda dan juga pembangunan-pembangunan yang berkaitan dengan Air Minum di Kali Dendeng, serta pembangunan-pembanguan Gedung Sekolah Politeknik Kupang, dan dalam pembangunan ini telah menyerab anggaran yang besar untuk itu diharapkan penataan kota ini akan merubah wajah Kota Kupang menjadi lebih baik.

"Harapan agar penataan kota ini akan merubah wajah kota kupang. Mengubah infrastrukturnya menjadi lebih baik, mengubah wajah destinasinya sehingga membuat pengunjung yang ke Kota Kupang akan lebih aman dan nyaman", ucap Presiden RI.

Usai kegiatan peresmian Penataan Kawasan Kota Kupang, dalam kesempatan itu juga Presiden RI membagikan bingkisan kepada masyarakat berupa Baju Kaos dan buku tulis yang bertuliskan (Membacalah dan Bangsa ini akan terhindar dari Buta karena ketidaktahuan).

Tampak hadir dalam kegiatan peresmian ini, yakni Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Sekretaris Militer Presiden MaTNI M. Tonny Harjono, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin, Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana, Kepala Biro Protokol, Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden R. Erlin Suastini, Kajati NTT Hutama Wisnu SH M.H., dan 37 orang perwakilan dari Asosiasi Pedagang Ikan dan Kuliner (APIK).

Untuk diketahui, selama kegiatan Presiden di Kota Kupang mendapatkan pengamanan dan pengawalan oleh ratusan anggota TNI-POLRI NTT dipimpin langsung Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kapolda NTT bersama Pangdam IX/Udayana pimpin langsung pengamanan kuker Presiden RI di Kota Kupang, Kamis (24/3) pagi.

Sesuai agenda Presiden Jokowi akan meninjau penanganan stunting di Desa Kasetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) serta meresmikan Kampus Politeknik Aloysius Benedictus Mboi Universitas Pertahanan RI dan Meninjau penanaman jagung di Food Estate Blok C, Kabupaten Belu.