Kapolda NTT Kunjugan Silaturahmi dengan Rektor UKAW Kupang

Kapolda NTT Kunjugan Silaturahmi dengan Rektor UKAW Kupang
Kapolda NTT Kunjugan Silaturahmi dengan Rektor UKAW Kupang

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum melakukan kunjungan silaturahmi dengan Rektor, para Wakil Rektor dan para Dekan Universitas Artha Wacana (UKAW) Kupang, Rabu (14/10/2020)

Tiba di Kampus UKAW Kupang, Kapolda NTT yang didampingi oleh Pejabat Utama Polda NTT diantaranya, Karo SDM Polda NTT, Dirbinmas Polda NTT, Dirkrimum Polda NTT dan Kabidhumas Polda NTT disambut oleh Rektor Dr. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Johanis Willem Kiuk, M.M.

Dalam pertemuan ini, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum mengungkapkan kehadirannya di Universitas Kristen Artha Wacana Kupang dalam rangka membangun sinergi dan visi bersama, karena kampus merupakan elemen penting dalam pembangunan bangsa.

"Polri menganggap bahwa, universitas adalah salah satu unsur penting di dalam pilar negara kita ini dalam rangka mendukung pembangunan bangsa, yang mana salah satunya adalah menyiapkan sumber daya manusia unggul", ucap Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dengan pertemuan ini, Kapolda menyampaikan bahwa, Polri perlu banyak mendengar mungkin ada hal-hal yang perlu Polri merespon dan sebaliknya Polri akan menginformasikan beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian bersama.

Adapun hal-hal yang menjadi poin penyampaian dari Kapolda antara lain, salah satu yang menjadi perhatian pusat maupun daerah yakni, tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak (KDRT) di NTT. Terkait hal ini Kapolda berharap agar pihak Universitas bisa bersama-sama dengan Polri untuk mengedukasi masyarakat.

"Bahwa edukasi merupakan bagian yang paling penting untuk merubah mind-set dan  culture-set masyarakat tentang bagaimana peran wanita. Dan setelah saya melihat itu, saya juga merespon di tingkat Polda dengan melucurkan program yang namanya woman care day, dimana setiap hari Sabtu di Polres jajaran Polda NTT melaksanakan pelayanan khusus kepada perempuan", terang Kapolda NTT.

"Selain itu yang perlu menjadi perhatian kita bersama juga yakni, terkait kasus-kasus penganiayaan kemudian trend bunuh diri dimana di wilayah NTT pun cukup siknifikan", tambahnya.

Lanjut dikatannya bahwa, NTT ini adalah salah satu provinsi yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat di bidang pariwisata, dimana Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super premium yang tentu saja jika berbicara pariwisata ada dua kata kunci yaitu, keamanan dan kenyamanan.

"Ini yang terus saya gelorakan kepada semua pihak termasuk para pelaku pariwisata. Seindah apapun pulau Komodo itu, sebagus apupun Labuan Bajo itu, kalau turis baru turun dari pesawat sudah hilang kopernya maka selseai lah sudah ceritanya", kata Kapolda NTT

Terkait hal itu, Kapolda berharap agar universitas dapat mengambil bagian untuk mengedukasi dan mendorong  masyarakat di Labuan Bajo untuk menyempurnakan kesiapan Labuan Bajo sebagai pariwisata super premium.

Diakhir pertemuan itu, Kapolda NTT menyampaikan bahwa, Polda NTT siap menampung aspirasi atau masukan-masukan apapun dari pihak Universitas demi mewujudkan Kamtibmas di wilayah NTT.

Sementara itu Rektor UKAW Kupang DR. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si  mengatakan bahwa Universitas Kristen Artha Wacana Kupang akan selalu siap untuk bekerjasama dan bersinergi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul untuk kemajuan NTT dan Indonesia tentunya.

“Kehadiran kapolda NTT di Universitas Kristen Artha Wacana Kupang merupakan satu kehormatan bagi civitas Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, dimana selain membangun relasi juga motivasi untuk bagaimana membangun Nusa Tenggara Timur untuk kejayaan Indonesia kedepan. Dan kita berharap dalam situasi saat ini, kita bisa sama-sama saling mendukung",ucap DR. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si.