Kapolda NTT Kunjungi Polres Malaka, Beri Semangat dan Arahan untuk Anggota

Kapolda NTT Kunjungi Polres Malaka, Beri Semangat dan Arahan untuk Anggota

Tribratanewsntt.com, Betun - Polres Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) - Rabu (2/8/2023) menjadi hari yang berharga bagi para anggota Polres Malaka karena mendapat kesempatan bertatap muka dengan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum. Kunjungan kerja Kapolda ke Polres Malaka ini membawa semangat baru dan arahan yang penting dalam menjalankan tugas sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat.

Tatap muka dimulai dengan penyampaian Arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, yang mengusung tema "Jadilah Bhayangkara Sejati yang Mengabdi Tanpa Henti kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara untuk Kemajuan Indonesia". Arahan ini menjadi pedoman bagi anggota Polri dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan berintegritas.

Dalam arahannya, Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, menekankan pentingnya perbaikan atas keluhan yang sering dilontarkan oleh masyarakat terhadap institusi Polri. Beliau menegaskan pentingnya memperkuat soliditas internal Polri dan meningkatkan sinergi dengan TNI untuk menjaga stabilitas dan ketertiban dalam negeri.

"Komunikasi publik yang baik juga menjadi fokus untuk menjalin kemitraan yang erat dengan masyarakat", tegas Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Jenderal Bintang Dua ini menyadari bahwa reformasi di berbagai lini Polri menjadi hal yang tak terelakkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepercayaan masyarakat.

"Bahwa seluruh program pemerintah membutuhkan dukungan dari Polri dalam pelaksanaannya, dan kewenangan serta kekuatan Polri harus digunakan dengan bijaksana untuk memberikan kepastian perlindungan hukum bagi masyarakat", jelas Kapolda NTT.

Dikatakanya, menangani isu dengan cepat dan tepat merupakan kunci dalam menjaga stabilitas kamtibmas. Penggunaan teknologi canggih perlu diantisipasi dengan kesiapan teknologi, inovasi, dan tetap menjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Sementara arahan dari Kapolri, Kapolda NTT mengajak seluruh anggota Polres Malaka untuk bekerja sama dalam menjalankan tugas dengan ikhlas. 

"Pelayanan publik harus dilakukan secara profesional, dengan menerapkan prinsip 3S (senyum, sapa, dan salam). Sarana dan prasarana harus diperhatikan agar pelayanan terhadap masyarakat dapat optimal", ajaknya.

Lanjutnya Program Prioritas Kapolri dalam penataan internal dan bidang tugas pokok fungsi harus dijalankan secara menyeluruh. Pelaksanaan tugas sebagai polisi dianggap sebagai kehormatan dan kebanggaan. Beliau mendorong seluruh anggota untuk menjalankan tugas dengan senang hati agar tugas-tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di jajaran Polda NTT menyampaikan penekanan agar seluruh anggota Polres Malaka mengubah mental menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. 

"Peka terhadap perubahan dan pola hidup sederhana juga ditekankan agar Polri bisa menjadi contoh bagi masyarakat", tegasnya.

Kapolda NTT berharap agar Polri terus mendukung percepatan pembangunan proyek strategi nasional dan memberikan pelayanan yang profesional untuk menciptakan kepercayaan masyarakat. Ia juga menyoroti pentingnya penanganan kasus dengan cepat dan menekankan agar setiap anggota polisi menghindari tindakan kontraproduktif yang dapat merugikan citra Polri.

Kapolda NTT memberikan peringatan khusus kepada Babinkamtibmas di setiap desa untuk selalu melekat pada masyarakat, menjalin hubungan baik dengan tokoh masyarakat, dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

Saya berharap agar Polres Malaka menjadi contoh dalam pelayanan dan pemberdayaan masyarakat",tandas Kapolda NTT.

Kunjungan Kapolda NTT ke Polres Malaka menjadi momen berharga bagi para anggota Polres, yang kini semakin bersemangat untuk menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi. Semoga arahan dan semangat yang disampaikan Kapolda dapat menjadi landasan yang kuat dalam menjaga ketertiban dan keamanan, serta berkontribusi dalam kemajuan Indonesia.