Kapolda NTT Lantik 170 Bintara Polri

Kapolda NTT Lantik 170 Bintara Polri

Tribratanewsntt.com ,- Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol Drs. Hamidin memimpin Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Pengambilan sumpah Bintara Polri Tahun Anggaran 2019/2020 di SPN Polda NTT, Kota Kupang, Senin (2/3/2020) pagi.

Upacara ini dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, Forkopimda Provinsi NTT, Pejabat Utama Polda NTT, Pengurus Bhayangkari Daerah NTT dan para orang tua Bintara Polri.

Dihadapan 170 orang Bintara Polri yang baru dilantik, Kapolda NTT membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., menyatakan bahwa, pelantikan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan langkah awal perjalanan karier dari para Bintara Polri.

"Keberhasilan saudara dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugerah Allah Swt yang harus senantiasa saudara syukuri. Ingat pula bahwa keberhasilan saudara menyelesaikan pendidikan ini, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga, terutama orang tua. Tunjukan kepada mereka bahwa saudara adalah personel Polri yang berprestasi, senantiasa menjaga kehormatan diri dan institusi, serta menjadi teladan dan kebanggaan bagi masyarakat, Bangsa, dan Negara", ucap Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin membacakan sambutan Kapolri.

Total siswa pendidikan pembentukan 8.869 Bintara Polri, terdiri dari‎ 8.470  polisi pria‎ dan 399 polisi wanita, yang  telah  berhasil menyelesaikan  Pendidikan  Pembentukan  Bintara Polri  dan  berhak  menyandang  pangkat  Brigadir  Dua Polisi.

Dalam amanatnya, Kapolri juga menyampaikan lima poin penekanan Kapolri kepada Bintara yang akan melaksanakan tugas usai mengikuti pendidikan.

“Niatkan  setiap  pelaksanaan  tugas  sebagai ibadah  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa, Laksanakan  setiap  tugas  yang  diemban  dengan penuh  semangat,  tanggung  jawab,  dan keikhlasan,  serta  senantiasa  mempedomani nilai-nilai luhur  Tribrata  dan  Catur  Prasetya, Jangan  pernah  berhenti  belajar  dan  menuntut ilmu untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan,  dan  keterampilan  guna  mendukung pelaksanaan  tugas. Senantiasa  menjaga  kehormatan  diri,  keluarga, dan  institusi.  Hindari  segala  pelanggaran  disiplin, Kode  Etik  Profesi  Polri,  maupun  pidana serta Jalin  persaudaraan  dan  komunikasi  yang  baik dengan  rekan-rekan  TNI  dan  instansi  terkait, serta  seluruh  komponen  lainnya  karena  Polri tidak  dapat  bekerja  sendiri” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kalemdiklat Polri beserta seluruh pejabat utama jajaran lemdiklat Polri, kasepolwan, para Kepala SPN beserta tenaga pendidik, pelatih, pengasuh dan seluruh staf yang telah mencurahkan segenap pikiran, tenaga dan waktu untuk memberikan dedikasi terbaik bagi keberhasilan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2019/2020.

"Kepada keluarga serta orangtua para Bintara Remaja Polri, saya juga mengucapkan selamat atas keberhasilan putra putri bapak dan ibu dalam menyelesaikan pendidikan ini. Terus doakan dan berikan motivasi kepada anak-anak kita sehingga dapat menjadi kebanggaan keluarga, institusi Polri, masyarakat serta bangsa dan negara" pungkas kapolda NTT.