Kapolda NTT dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Bersama TNI Polri di Polres Lembata

Kapolda NTT dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Bersama TNI Polri di Polres Lembata

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H, M.Hum didampingi oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya pimpin apel bersama TNI POLRI di Mapolres Lembata, Rabu (2/12/2020).

Kegiatan Apel bersama guna mempererat kekompakan dan mewujudkan sinergitas TNI- POLRI dalam rangka penanggulangan tanggap darurat bencana alam  Erupsi Gunung Ile Lewotolok di wilayah Kabupaten Lembata.

Apel bersama ini pun dihadiri oleh Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus Surio Agung Nugroho, S.Sos, M.Tr, Karolog Polda NTT Kombes Pol. Yayat Jatnika, Kadislog Lanud El Tari Kupang, Letkol Roni Naforon,S.E, Kasilog Korem 161/WS Kolonel Imanuel Siram Dionisius Dion Adie, Aspotamar VII Kupang, Kolonel Laut Yuyus Wahyudin, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Johanes Bangun, S.Sos, S.I.K, Wadirsabhara Polda NTT AKBP Rishian Krisna B, S.H, S.I.K., M.H, Kapolres Lembata, AKBP Yoce Marten, S.H, S.I.K, M.I.K dan Dandim 1624 Flotim, Letkol CZi Imanda Setyawan, S.T, M.Ip serta para Perwira TNI POLRI.

Sedangkan peserta apel bersama TNI POLRI ini terdiri dari  satu SST TNI AL, tiga SST TNI AD,  dua SST Personel Polres Lembata dan satu SST personel Bhabinkamtibmas Polres Lembata.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, menyampaikan bahwa, kehadirannya bersama Danrem dan Kabinda di Lembata dalam rangka melihat langsung dan mengecek kondisi terakhir bencana yang terjadi di Lembata yakni, erupsinya gunung api Ile Lewotolok sekaligus mewakili Panglima TNI dan Kapolri dalam rangka menyalurkan bantuan Sosial Kemanusiaan yang akan dilakukan secara bertahap.

"Serta mengecek kesiapan baik kekuatan Personel, peralatan atau perlengkapan maupun kegiatan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan, diantaranya terkait Bantuan Sosial Kemanusiaan kepada para Pengungsi", terang Irejn Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda NTT menyampaikan apresiasi kepada Dandim 1624 Flotim dan Kapolres Lembata yang telah mengkoordinir pelaksanaan tugas penanganan bencana yang terjadi hingga saat ini.

"Terima kasih juga kepada para Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah yang telah terjun langsung ke lapangan pada saat Kejadian, baik dalam rangka evakuasi maupun pengamanan", ucapnya.

Ia mengharapkan kedepannya, agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan, personel TNI POLRI  tetap mematuhi Protokol Kesehatan terutama dalam masa Pandemi Covid-19 saat ini, serta tetap menghimbau kepada masyarakat yang ada di Posko Pengungsian untuk tetap memperhatikan dan Menjaga Protokol Kesehatan khususnya Covid -19.

"Selain itu, agar personel Jajaran dalam melaksanakan  misi kemanusiaan ini tetap mengedepankan sikap simpatik dan Humanis dan yang paling penting adalah tetap menjaga kesehatan dan Keselamatan diri", harap Kapolda NTT.

"Bahwa Masyarakat saat ini sangat berharap dan ingin dibantu baik dalam proses evakuasi maupun pengamanan lingkungan dan  harta benda, dimana hal tersebut merupakan tugas pokok TNI POLRI", tambahnya.

Kapolda NTT pun menekankan agar dalam melakukan evakuasi maupun bantuan sosial perlu juga dilakukan pengamanan lingkungan di wilayah yang terkena dampak khususnya terhadap harta benda milik masyarakat yang ditinggalkan, termasuk pengamanan pada posko-posko pengungsian.