Kapolda NTT Pimpin Langsung Serah Terima Jabatan Lima Pejabat Utama di Lingkungan Polda

Kapolda NTT Pimpin Langsung Serah Terima Jabatan Lima Pejabat Utama di Lingkungan Polda

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., memimpin upacara serah terima jabatan Karo SDM, Dirpamobvit dan penyerahan jabatan Dirbinmas serta penerimaan jabatan Karologistik dan Kabidkeu Polda NTT, Kamis (5/1/2023) sore.

Upacara diselengarakan di Rupatama Mapolda NTT ini juga dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., para pejabat utama Polda NTT, Kapolresta dan Kapolres jajaran serta para pamen dari setiap fungsi di Polda NTT.

Tampak hadir juga Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., dan pengurus Bhayangkari Daerah NTT serta Pengurus YKB Daerah NTT.

Serah terima jabatan adalah dinamika yang biasa di institusi Polri, sebagai bagian dari proses pembinaan karier yang berkesinambungan, guna meningkatkan kinerja organisasi untuk mewujudkan Polri yang Presisi.

Adapun Pejabat yang diserahterimakan Karosdm Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., diangkat dalam jabatan barunya sebagai Karosdm Polda Sulut. Yang menggantikannya Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., M.Si., yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dalpers SSDM Polri.

Selanjutnya, Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo dimutasikan Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri. Penggantinya adalah Kombes Pol. Rahmanto Sujudi, S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Sultra.

Dirpamobvit Polda NTT Kombes Pol. H. Y. Arief Satriyo, S.I.K., dimutasikan sebagai Dirpamobvit Polda Sulut. Yang menggantikannya Kombes Pol. Indra Rathana, S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolairud Polda Sulteng.

Selanjutnya penyerahan jabatan Karolog Polda NTT kepada Kombes Pol. Drs. Dharu Siswanto yang sebelumnya menjabat sebagai Karorena Polda Sumbar dan Kabidkeu Polda NTT kepada Kombes Pol. Widada, S.Pd., yang sebelumnya menjabat sebagai Kabikeu Polda Lampung.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT mengatakan mutasi jabatan merupakan sebuah hal lumrah yang dilaksanakan di lingkungan Polri sebagai bagian dari tour of duty.

"Pada kesempatan sore hari ini kita telah selesai melaksanakan rangkaian serah terima jabatan dengan aman dan lancar, dengan demikian secara resmi para pejabat baru telah menerima amanah tugas dan tanggung jawab jabatan. Serah terima jabatan juga merupakan bagian dari proses pembinaan sumber daya manusia, dalam rangka regenerasi yang dilakukan berdasarkan penilaian, evaluasi dan assessment secara sistematik dan komprehensif, dengan mempertimbangkan aspek profesionalitas, komitmen dan integritas", kata Kapolda NTT.

Kapolda mengharapkan akan terus terjaga kontinuitas berbagai program yang telah dicanangkan, karena pengisian jabatan diisi oleh personel yang betul-betul melalui proses pertimbangan sebagaimana yang disebutkan.

"Kedepan tantangan tugas Polri akan semakin berat dan kompleks, disisi lain kita juga menyadari adanya tuntutan serta harapan masyarakat terhadap Polri yang semakin berkembang. Sehingga, dalam rangka memelihara situasi kamtibmas yang kondusif maka dibutuhkan inovasi-inovasi, kreasi, agar pelaksanaan tugas menjadi efektif dan efisien", harapnya.

Bapak Kapolri pernah berpesan "jangan padamkan api, pada saat api besar, tapi padamkan lah api saat masih kecil".

"Hal ini tentunya bisa kita laksanakan jika kita jeli dan bisa melihat perkembangan kondisi di lapangan. Kita harus mampu melaksanakan monitoring, langkah dan evaluasi yang benar serta tentunya ini menjadi tugas kita semua", pesannya.

Menyikapi berbagai tantangan tugas yang bersifat multi aspek tersebut, maka  dituntut untuk mampu merancang berbagai kegiatan kepolisian yang proaktif, proaktif, yang mengedepankan kegiatan pencegahan, dalam mengantisipasi dan menanggulangi seluruh potensi gangguan kamtibmas.

"Kegiatan pencegahan tersebut, kita implementasikan melalui deteksi dini dan deteksi aksi, menggelar kegiatan preemtif dan peran preventif, memaksimalkan bhabinkamtibmas, serta memperkuat jalinan soliditas dan sinergitas polisional, khususnya dengan pemerintah daerah, satuan tni dan masyarakat, baik pada elemen tataran strategis, tataran taktis maupun tataran operasional", ucapnya.

"Khusus terkait peran masyarakat terhadap kamtibmas, saya berharap kita semua mampu melakukan pendekatan yang humanis dalam meraih simpati masyarakat, sehingga masyarakat merasakan bahwa polri adalah milik rakyat, yang selanjutnya akan tergerak untuk mendukung tugas polri dan berpartisipasi aktif dalam harkamtibmas", lanjutnya.

Kapolda juga menekankan kepada seluruh jajaran Polda NTT, agar meningkatkan kehadiran Polri ditengah masyarakat, kehadiran yang bukan hanya sekedar keberadaan fisik semata, tetapi dapat memberikan manfaat manfaat dan dirasakan oleh masyarakat.

"Saya berharap setiap tataran pelaksanaan Polri, baik sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, maupun sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, dapat menjadi representasi kehadiran negara", tegasnya.

Ditengah tantangan yang ada, kita patut bersyukur, karena secara umum situasi di wilayah hukum Polda NTT dapat terpelihara dengan baik.

"Hal tersebut dapat terwujud, karena dedikasi dan loyalitas yang tinggi dari seluruh personel Polda NTT, yang diantaranya adalah para kasatker, yang mampu membawa perubahan di kesatuan yang dipimpin, kearah yang lebih baik", terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan loyalitas.

"Di tengah padatnya volume pekerjaan, saudara tetap mampu melaksanakan program-program dan meningkatkan kinerja di satuan kerja masingmasing, dapat berjalan dengan baik. selamat memasuki masa purna tugas bagi pejabat yang memasuki masa pensiun dan selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru, semoga kesuksesan yang telah diraih dapat terus menghiasi lembaran karir pengabdian saudara", ujarnya.

Kemudian kepada ibu bhayangkari pejabat lama, Kapolda juga ucapkan terima kasih, atas dukungannya dalam mendampingi suami selama melaksanakan tugas serta pengabdiannya dalam ikut mengelola organisasi Bhayangkari daerah NTT.

Untuk pejabat baru, Kapolda juga menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri untuk mengemban tugas baru di jajaran Polda NTT.

"Saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman yang telah saudara miliki, saudara akan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan Polri dan tuntutan masyarakat Nusa Tenggara Timur. Saya berharap, kiranya saudara sekalian dapat segera menyesuaikan diri di lingkungan tugas masing-masing. lanjutkan kembangkan inovasi dalam berbagai program serta lakukan evaluasi secara periodik dan pelaksanaan analisa dan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan dan hambatan yang ada untuk dicari solusi penyelesaiannya", pesannya.

"Kepada bhayangkari pejabat baru, saya juga ucapkan selamat bergabung bersama keluarga besar Polda NTT. Semoga dapat mendampingi dan mendukung suami dalam melaksanakan tugas dengan baik, serta diharapkan dapat membantu mengelola organisasi bhayangkari, sehingga program kerja Bhayangkari dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan berkat-nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara", tandasnya.