Kapolda NTT Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Mabar

Kapolda NTT Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Mabar

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin pimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres Manggarai Barat, Kapolres Belu, Kapolres Sumba Barat dan Kapolres Rote Ndao bertempat di Mapolda NTT, Sabtu (08/08/2020) pagi.

Kapolres Manggarai Barat yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Handoyo Santoso, S.I.K, dimutasi sebagai Wadir Polairud Polda Kalimantan Tengah. Ia digantikan oleh AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Rote Ndao Polda NTT dan Kapolres Rote Ndao dijabat oleh AKBP Felu Hermanto, S.I.K., M.Si. yang sebelumnya bertugas di Pusjarah Polri.

Selain itu, Kapolda NTT juga melaksanakan sertijab Kapolres Belu yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Cliffry Steiny Lapian, S.I.K dimutasi sebagai Kasubbag Progar SOPS Polri. Ia diganti oleh AKBP Khairul Saleh, S.H S.I.K yang sebelumnya merupakan Kapolres Sumba Barat.

Selanjutnya Kapolres Sumba Barat digantikan oleh AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H yang sebelumnya bertugas di Biro Dalops SOPS Polri.

Hadir dalam upacara serah terima jabatan ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si dan para Pejabat Utama Polda NTT serta para Kapolres jajaran Polda NTT.

Pelaksanaan Serah terima jabatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, mulai dari menggunakan masker hingga jaga jarak.

Dalam amanatnya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin menerangkan bahwa, Kapolres sebagai pimpinan polres yang memiliki tugas memimpin, membina, mengawasi dan mengendalikan satuan-satuan fungsi/unit di lingkungan polres dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya.

“Kapolres juga merupakan jabatan yang strategis karena selain sebagai pimpinan kesatuan di tingkat kewilayahan juga sebagaI pimpinan kesatuan operasional dasar, dimana didalamnya terdapat satuan dan unit kerja yang lengkap dengan didukung semua sumber daya manusia, anggaran dan sarana prasarana,” terang Irjen Pol Drs. Hamidin.

“Dengan tantangan tugas tersebut maka seorang Kapolres harus mengetahui dan memahami semua permasalahan internal yang terjadi di kesatuan, serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik masalah sosial kemasyarakatan maupun masalah yang berkaitan dengan kamtibmas, termasuk kerawanan menjelang Pilkada Serentak tahun 2020,” tambahnya.

Dikatakannya, khusus Kapolres yang wilayahnya melaksanakan Pilkada agar segera lakukan maping kerawanan dan juga profiling bakal calon baik yang melalui jalur partai politik maupun calon perseorangan. Sedangkan bagi Polres yang wilayahnya tidak ada Pilkada untuk melakukan giat imbangan dengan mengedepankan sistem rayonisasi dalam pelibatan personel.

Diakhir amanatnya, Kapolda NTT memberikan uacapan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi selama bertugas dan berkarya di Polda NTT kepada pejabat lama dan kepada Pejabat baru, Kapolda memberikan ucapan selamat mengabdi di Polda NTT.