KAPOLES BELU BUKA RESMI LAT PRA OPS BINA KUSUMA TURANGGA 2016

KAPOLES BELU BUKA RESMI LAT PRA OPS BINA KUSUMA TURANGGA 2016

Tribratanewsntt.com, - Kepolisian Resor Belu dan jajarannya didukung oleh instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya, menyelenggarakan operasi “Bina Kusuma Turangga 2016” yang akan dilaksanakan selama 14 hari,mulai tanggal 2 s/d 15 Mei 2016. Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung penegakkan hukum serta deteksi dini dalam rangka penanggulangan penyakit masyarakat (pekat) dalam bentuk kenakalan remaja dan premanisme yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban seperti mabuk-mabukkan, geng motor, jambret, penyalahgunaan narkoba dsb, khususnya di wilayah hukum Polres Belu (Kabupaten Belu & Malaka), guna menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif.

Berkaitan dengan operasi ini, Kepolisian Resor Belu usai menggelar Rapat Analisa & Evaluasi bulan April 2016, menggelar latihan pra operasi Bina Kusuma, sabtu (30/4/16) pukul 12.00 wita, yang dipimpin oleh Kapolres Belu AKBP DEWA PUTU GEDE ARTHA, SH,MH .Tujuan pelaksanaan Latihan Pra Operasi ini kata Kapolres Belu yaitu sebagai penyamaan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.
Lebih lanjut, Kapolres Belu menjelaskan bahwa bentuk operasi ini berupa penyuluhan, pembinaan dan pencegahan terhadap kenakalan remaja dan premanisme yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban seperti mabuk-mabukkan, geng motor, jambret, penyalahgunaan narkoba dsb, khususnya di wilayah hukum Polres Belu (Kabupaten Belu & Malaka). Untuk itu, kepada para Kasatgas dan Kapolsek jajaran agar melaksanakan operasi ini secara baik dan bertanggung jawab, guna menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merasakan kehidupan yang aman dan nyaman.
Menyambung apa yang disampaikan Kapolres Belu saat membuka lat pra ops ini, Kabag Ops Polres Belu Akp Apolinario Da Silva, SH pada paparannya mengatakan bahwa dalam operasi ini, telah dibentuk Satuan Tugas (satgas) antara lain Satgas Deteksi Dini (Sat Intelkam), Satgas Penyuluhan (Sat Intelkam) dan Satgas Hubungan Masyarakat (Subbag Humas) serta didukung staf operasi yaitu Karendalopsres, kasetopres dan kapusdataopsres.
” Satgas deteksi dini dalam operasi ini, melakukan kegiatan penyelidikan, pengamanan, penggalangan dengan langkah-langkah deteksi, identifikasi, penilaian dan membuat produk intelijen lainnya dalam rangka penajaman target operasi serta mengikuti trend perkembangan target operasi (TO) yang telah ditetapkan secara terus menerus dan memberikan umpan balik kepada fungsi yang dikedepankan” terang Kabag Ops.
“Satgas Penyuluhan tugasnya meningkatkan kegiatan penyuluhan, penerangan, dan bimbingan kepada masyarakat, remaja maupun pelajar, agar ikut berpartisipasi secara aktif untuk melaksanakan pengamanan lingkungan masing-masing sehingga dapat menciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungannya” lanjut Kabag Ops.
” Satgas Humas tugasnya memberikan himbauan dan penyuluhan melalui media cetak & elektronik tentang bahaya minuman keras dan narkoba serta melaksanakan kegiatan peliputan/dokumentasi setiap kegiatan selama pelaksanaan operasi dan menyampaikan kegiatan tersebut kepada masyarakat melalui media cetak & elektronik” jelas Kabag Ops. Lat Pra ops ini, juga berisi paparan dari Kasat Binmas Polres Belu yang dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Perwira staf, Kapolsek jajaran, dan Kapolsubsektor jajaran.