Kapolres Belu Cek Distribusi Logistik Pemilu

Kapolres Belu Cek Distribusi Logistik Pemilu

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisan Resor (Kapolres) Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.Si., mengecek pendistribusian logistik Pemilu dari Gudang KPU menuju PKK/tingkat Kecamatan dan PPS/tingkat Kelurahan di Gudang KPU Jalan R. E. Martadinata, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (16/4/2019) kemarin.

Pergeseran Logistik berupa kotak yang berisi surat suara serta kelengkapan TPS ini di kawal langsung oleh Perwira Pemantau Wilayah (Pamatwil) serta personel Polres Belu yang terlibat dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan akan di bawah ke wilayah – wilayah di Kab. Belu.

Pemberangkatan logistik tahap pertama ke enam Kecamatan di Kab. Belu dilepas secara resmi oleh Bupati Belu Willybrodus Lay dan dihadiri oleh Dandim 1605 Belu Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, Wakapolres Belu Kompol I Ketut Perten, para Perwira Polres Belu, Ketua KPUD Belu, Ketua Bawaslu, Kepala Kantor Pos Atambua, Sekretaris KPU, Komisioner KPU, Staf KPU dan Bawaslu, Tokoh Agama serta insan pers.

Kapolres Belu saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Selasa (16/4/2019) sore mengatakan bahwa pengiriman logistik Pemilu 2019 tahap pertama ke-enam Kecamatan terjauh di wilayah Kab. Belu didistribusikan kemarin yakni, di Kec. Lamaknen Selatan, Kec. Lamaknen, Kec. Raihat, Kec. Lasiolat, Kec. Nanaet Dubesi dan Kec. Raimanuk.

"Sedangkan untuk hari ini, dilanjutkan tahap kedua dengan enam Kecamatan terdekat antara lain, Kec. Atambua Barat, Kec. Atambua Kota, Kec. Atambua Selatan, Kec. Kakuluk Mesak, Kec. Tasifeto Barat dan Kec. Tasifeto Timur", ujar AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.Si.

Lanjutnya, untuk Kab. Malaka dikontrol langsung oleh Kapolsek Malaka Tengah AKP Alnofriwan Zaputra, S.H., S. I.K. dan didistribusikan ke 12 Kecamatan di Kab. Malaka yakni, Kec. Malaka Timur, Kec. Malaka Barat, Kec. Weliman, Kec. Wewiku, Kec. Rinhat, Kec. Laenmanen, Kec. Sasitamean, Kec Io Kufeu, Kec. Botin Leobele, Kec. Kobalima, Kec. Kobalima Timur serta Kec. Malaka Tengah.

Kata Kapolres Belu, pengawalan dan pengamanan logistik pemilu oleh Kepolisian, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju PPK/tingkat Kecamatan hingga PPS/tingkat Kelurahan.

PicsArt_04-16-05.25.07

“Pengawalan ini sudah sesuai SOP kami (Kepolisian) bertujuan menjamin logistik pemilu tiba ditujuan dengan selamat. Nanti di PPK. Personel akan melaksanakan pengamanan sampai logistik bergeser ke TPS”, terangnya.

Untuk diketahui, kotak suara yang digeser berisi lima jenis surat suara yakni, kota surat suara Capres/Cawapres, kotak surat suara DPD RI, kotak surat suara DPR RI, kotak surat suara DPRD Propinsi dan kotak surat suara DPRD Kab/Kota. (G)