Kapolres Mabar Dampingi Bupati Mabar Serahkan BST Kepada Warga Terdampak Covid-19

polres mabar

Kapolres Mabar Dampingi Bupati Mabar Serahkan BST Kepada Warga Terdampak Covid-19

Tribratanewsntt.com - Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., mendampingi Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial secara simbolis kepada warga yang terdampak Covid-19 di Desa Macang Tanggar dan desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (8/5).

Kegiatan penyerahan atau penyaluran BST yang dilaksanakan oleh PT. Pos Indonesia Labuan Bajo diberikan kepada warga terdampak langsung Covid-19 di dua desa yaitu Desa Macang Tanggar sebanyak 98 warga dan Desa Compang Longgo sebanyak 167 warga dengan besaran Rp 600 ribu untuk setiap warga.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula mengatakan, agar bantuan sosial tunai sebesar Rp 600 ribu untuk setiap warga ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik.

"Bantuan sosial tunai ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik, hemat dan untuk hal-hal yang bermanfaat," katanya

Bupati Gusti berharap agar masyarakat memperhitungkan secara cermat kebutuhan dalam kurun waktu tiga bulan sejak April sampai Juni nanti, sehingga bantuan tunai tersebut cukup membantu memenuhi segala kebutuhan.

"Asal tidak berkemauan atau berkeinginan yang besar, menurut saya angka 600 ribu rupiah ini cukup, sambil berusaha dan menjaga kesehatan untuk kita semua," tegas Bupati Gusti.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso,S.I.K., M.Si., mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan uang BST tersebut untuk berfoya-foya dengan acara senang-senang, beli minuman keras.

"Tetapi BST harus digunakan untuk membeli kebutuhan bahan pokok dan juga dimanfaatkan beli obat untuk kesehatan," tegas Kapolres Mabar.

Kapolres Mabar juga berharap agar masyarakat mentaati seluruh protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kurangi aktivitas di Luar rumah, Tetap Jaga jarak dan selalu gunakan masker. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati drh. Maria Geong, Ph.D, Kapolres AKBP Handoyo Santoso S.I.K, Kadis Sosial Agus Mangaraja, Kabag Kesra Abdullah Nur, Camat Komodo Imran, Kepala Pos Indonesia Mabar.

Pada kegiatan tersebut Kepala Desa Compang Longgo Fabianus Odos menyampaikan terimakasih kepada Menteri Sosial atas Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat di wilayahnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu tidak lupa Kades Fabianus menghimbau warganya yang penerima BST agar menggunakan masker, jaga jarak dan jangan berkumpul serta cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan ini.

Sementara itu di hari yang sama penyaluran atau pendistribusian BST oleh PT. Pos Indonesia Labuan Bajo juga dilaksanakan di Desa Gorontalo.

Bantuan Sosial Tunai yang berasal dari Kementerian Sosial untuk Desa Gorontalo dengan jumlah penerima BST sebanyak 142 orang, setiap warga menerima uang sejumlah Rp 600 ribu, kemudian jika warga yang hari ini tidak hadir bisa mengambil langsung di kantor Pos Labuan Bajo.