Kapolres Mabar Hadiri Upacar Peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda Tingkat Pemda Mabar

Kapolres Mabar Hadiri Upacar Peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda Tingkat Pemda Mabar

Tribratanewsntt.com - Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Pemerintah Daerah Manggarai Barat (Pemda Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Upacara Bendera di Halaman Kantor Bupati Mabar, Kecamatan Komodo, Senin, (29/10/18) Pagi.

Upacara tersebut dihadiri oleh Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, M.Si dan Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat Wita Julisa serta para Forkopimda Manggarai Barat, Pimpinan SKPD Kab. Mabar.

Sementara itu peserta upacara terdiri dari personil Polri, TNI, ASN lingkup Pemda Mabar serta siswa-siswi dari berbagai tingkat se- Kab.Mabar.

Bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Mabar Drs. Agustinus Ch. Dulla menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, agar pemuda mengingat sumbangsih para pemuda tahun 1928 yang telah melahirkan sumpah pemuda dan meneladani keberanian pemuda saat itu.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” Jelas Bupati.

Sumpah Pemuda Ke-90 kali ini mengusung tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan.

Lebih jauh, menurut amanat Menpora RI, dikatakan Bupati, pada 2019 mendatang bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar pesta demokrasi, untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk. I dan DPRD Tk. II.

“Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalarn menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas,” paparnya.