Kapolri dan Rombongan Lakukan Pengecekan dan Gladi Bersih Menjelang AMMTC di Labuan Bajo

Kapolri dan Rombongan Lakukan Pengecekan dan Gladi Bersih Menjelang AMMTC di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka menyambut penyelenggaraan Asian Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC), Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., beserta rombongan melakukan pengecekan langsung dan gladi bersih, Sabtu (19/8/2023) sore.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan semua persiapan telah siap menjelang acara yang akan berlangsung mulai besok (20/8) hingga Rabu, tiga hari ke depan.

Ikut mendampingi Kapolri dalam kegiatan pengecekan ini Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs Wahyu Widada, M.Phil., Kabaharkam Polri, Komjen Pol Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs. Jhoni Asadoma, M.Hum, Kadiv Hubinter Irjen Pol. Krishna Murti, S.I.K., M.Si., dan Kadivhumas Polri Irjen. Pol. Dr. H. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum., berserta pejabat lainnya.

Pada pengecekan tersebut, terlihat persiapan-persiapan penting seperti pembukaan hingga penyelenggaraan telah rampung. Adik-adik taruna Akademi Kepolisian (Akpol) turut berlatih dan berpartisipasi dalam parade karnaval bersama masyarakat, menunjukkan semangat yang tinggi dalam mendukung AMMTC.

Kapolri menyatakan bahwa acara ini adalah bagian dari semangat Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang diadakan beberapa waktu lalu.

"AMMTC di Labuan Bajo menjadi momentum penting, karena Polri mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dan memimpin acara ini. Polri akan menjalin kerjasama dengan negara-negara anggota ASEAN dan instansi kepolisian dalam upaya pemberantasan kejahatan transnasional", ucap Kapolri.

Di sela-sela acara, diharapkan akan diambil keputusan bersama terkait pemberantasan kejahatan transnasional, seperti perdagangan orang dan penyelundupan manusia (TPPO). Sejauh ini, Polri telah melakukan upaya penegakan hukum yang berhasil mengamankan hampir 900 tersangka terkait TPPO.

Kapolri berharap bahwa kerjasama yang dijalin dalam acara ini akan menjadi deklarasi bersejarah. Labuan Bajo, sebagai tuan rumah, akan diperkenalkan sebagai destinasi wisata super prioritas kepada masyarakat dunia.

Ketika ditanya tentang kesiapan acara, Kapolri mengakui bahwa masih ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan. Namun, panitia terus bekerja keras untuk merampungkan persiapan demi kelancaran seluruh rangkaian acara.

Semua tim berkomitmen untuk mensukseskan AMMTC agar acara ini berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak positif bagi upaya pemberantasan kejahatan transnasional serta promosi destinasi wisata Labuan Bajo.