Kapolsek Nangaroro Beri Motivasi Kepada Pengrajin di Desa Bidoa

Kapolsek Nangaroro Beri Motivasi Kepada Pengrajin di Desa Bidoa

Tribratanewsntt.com - Kapolsek Nangaroro, Polres Ngada Ipda Abubekar Le melakukan kunjungan ke Sanggar pembuatan Priuk tanah Boa’lobo, Desa Bidoa, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, Kamis (18/07/2019).

"Kunjungan ini dalam rangka memberikan dukungan moril dan motivasi kepada komunitas pembuat priuk dari tanah", ungkap Ipda Abubakar Le saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan bahwa, selain itu, kunjungan ini juga bertujuan menghidupkan kembali tradisi masyarakat dalam komunitas adat yang sejak zaman dulu kala mengerjakan periuk tanah yang selama beberapa dekade mulai hilang.

“Pengerjaan periuk tanah harus dipahami secara baik oleh komunitas pembuat priuk sebagai sebuah karya intelektual masyarakat pada saat itu sekaligus sebagai bentuk kemajuan peradaban masyarakat Nangaroro khususnya Desa Bidoa pada zaman dulu,” Ungkapnya.

Lanjutnya, pembuatan periuk tanah itu harus dilihat sebagai warisan untuk terus dilestarikan di Desa Bidoa.

“Aspek lain yang cukup strategis bahwa menghidupkan kembali pengerjaan periuk tanah, selain bisa dikomersialkan juga sekaligus ada nilai jual yang mana akan dijual kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke daerah ini. Tutupnya. (Rf)