Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Belu Sambangi SMA Stela Gracia Atambua

Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Belu Sambangi SMA Stela Gracia Atambua

Tribratanewsntt.com - Sat Lantas Polres Belu, melalui unit Dikyasanya memberikan penyuluhan tentang kamseltibcar lantas kepada para pelajar SMA Stela Gracia, Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (16/7/2019) lalu.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kanit Dikyasa, Aipda Heru Setiyono, S.H bersama anggota ini tiba di sekolah itu, sekitar pukul 09.00 Wita, disambut langsung oleh Kepala Sekolah beserta sejumlah guru.

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan, kepala sekolah pun langsung mengarahkan anggota Lantas di salah satu kelas dimana di sana sudah berkumpul puluhan pelajar SMA Stela Gracia.

Kepada para pelajar, Kanit Dikyasa, Aipda Heru biasa disapa, mengimbau untuk lebih mematuhi aturan dan etika berlalu lintas saat berkendaraan di jalan raya.

Etika berlalu lintas yang dimaksud disini terang Kanit adalah tingkah laku para pemakai jalan dalam melaksanakan Undang-undang dan peraturan-peraturan lalu lintas serta norma-norma sopan santun antara sesama pemakai jalan.

“Saya imbau adik-adik pelajar untuk patuh dengan aturan lalu lintas. Misalnya naik motor harus pakai helm, tidak boleh kebut-kebutan dan boncengan tiga. Kalau yang belum cukup umur, tidak boleh bawa motor sendiri dan yang cukup umur pun kalau bawa motor wajib miliki SIM”, kata Aipda Heru Setiyono, S.H.

“Dan tidak kalah pentingnya lagi, harus selalu memperhatikan keselamatan saat berkendara dengan tidak menggunakan handphone, tidak boleh berkendara saat dalam kondisi tidak fit atau dalam pengaruh alkohol, karena kecelakaan bermula dari perilaku-perilaku tersebut”, lanjut Kanit Dikyasa.

Saat dikonfirmasi, Kamis (18/7) pagi,  Aipda Heru Setiyono, S.H, menyatakan, para pelajar masa kini identik dengan pelanggaran lalu lintas. Mereka (pelajar) yang masih kategori di bawah umur, begitu labilnya mengendarai sepeda motor tanpa memikirkan resiko yang akan diterima.

"Ketidak disiplinan dan ketidak patuhan para pengguna jalan raya khususnya dalam hal rambu – rambu lalu lintas sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya dimana terlihat kasus laka lantas setiap tahunnya selalu ada", terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Stela Gracia dan guru-guru mengucapkan banyak terima kasih kepada Sat Lantas Polres Belu atas sosialisasi yang telah diberikan kepada anak didiknya, guna mewujudkan kamseltibcar lantas dan membudayakan tertib lalu lintas dikalangan pelajar. (Rf)